Ikuti Pelatihan Pembuatan WebGIS dari INFO-GEOSPASIAL KLIK TAUTAN INI UNTUK INFORMASI PELATIHAN. dan Dapatkan Rancangan WebGIS atau Jasa Pembuatan WebGIS KLIK TAUTAN INI UNTUK INFORMASI JASA PEMBUATAN WEBGIS.

PELATIHAN PEMBUATAN WEBGIS (Aplikasi GIS Berbasis Website)

Leave a Comment

Assalamualaikum Wr.Wb 

 

Sistem informasi berbasis website merupakan aplikasi yang berjalan pada media jaringan LAN (Local Area Network) dan atau Internet. Yang memungkinkan setiap pengguna yang memanfaatkan aplikasi browser Internet dapat mengirimkan beberapa request terhadap server untuk memperoleh informasi yang pada umumnya tersedia dalam bentuk teks dan file gambar yang dirangkai dengan suatu bahasa pemrograman tertentu.

Pada penerapannya di bidang Geografis, yang selanjutnya disebut WebGIS, informasi yang ditampilkan merupakan informasi yang bereferensi geografis berbentuk peta (vektor ataupun raster) yang sebelumnya sudah ditentukan sistem proyeksinya. Selain menampilkan informasi yang bereferensi geografis, WebGIS juga tetap bisa menampilkan infromasi non geografis lainnya seperti teks, tabel, ataupun grafik.

Dapat kita katakan, WebGIS merupakan aplikasi GIS yang di onlinekan, dengan penggunaan bahasa pemrograman tertentu dan keterampilan serta penguasaan dasar dari aplikasi GIS itu sendiri maka kita dapat membuat berbagai tool yang ada di aplikasi GIS desktop ke dalam WebGIS.

Dalam banyak hal penggunaan WebGIS akan sangat mempermudah untuk menyampaikan informasi khususnya spasial maupun non spasial. Dengan keunggulannya yang berbentuk Website, sehingga informasi dapat di akses tanpa harus melalui aplikasi GIS desktop, hanya di butuhkan koneksi internet dan PC/ Laptop ataupun Handphone untuk mengaksesnya.

 

Pelatihan WebGIS

 

Saat ini hampir semua masyarakat mengenal dan/atau pernah menggunakan Google Maps, salah satu bentuk WebGIS paling banyak di gunakan dan paling terkenal di dunia. Penggunaannya benar-benar menghasilkan kemudahan dan manfaat yang sangat banyak. Hal tersebut juga dapat diterapkan untuk WebGIS lainnya yang informasinya lebih di khususkan (Pertanian, Permukiman, Jaringan Jalan, dsb) itu akan sangat membantu dan bermanfaat bagi para penggunanya.

Seiring dengan tingginya permintaan pasar akan kebutuhan WebGIS, mendorong banyaknya para individu ataupun lembaga untuk mempelajari tentang WebGIS dan menerapkan teknologi ini pada sektor kegiatannya.

Berdasarkan latar belakang tersebut, maka INFO-GEOSPASIAL akan mengadirkan solusi bagi individu yang baru memulai mempelajari cara pembuatan WebGIS maupun individu yang sudah lebih dulu mempelajari tentang cara pembuatan WebGIS namun ingin mengembangkannya lebih lanjut, berupa kelas pelatihan WebGIS yang tersedia dalam dua kelas (Tingkat Dasar, dan Tingkat Lanjut). Yang mana dari hasil mengikuti kelas pelatihan yang ada diharapkan dapat memberikan manfaat berupa :

  • Peserta pelatihan mampu melakukan pembangunan WebGIS, mulai dari mempersiapkan data, manajemen data, merancang halaman WebGIS, membuat tool yang dibutuhkan, dan menampilkan data spasial di WebGIS. 
  • Peserta pelatihan mampu merancang dan mengimplementasikan WebGIS ke dalam pekerjaan yang sesungguhnya sehingga akan lebih memudahkan dan mempercepat penyampaian informasi khususnya spasial maupun non spasial.

Beberapa contoh WebGIS yang dibuat dengan bahasa pemrograman dan tool yang sama seperti pada materi pelatihan yang akan diberikan dapat dilihat pada Channel Youtube INFO-GEOSPASIAL.

Untuk pelaksanaan pelatihan dapat bersifat individu ataupun berkelompok, yang mana proses pelatihan dapat dilaksankan secara online ataupun offline (tatap muka langsung). Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi di halaman kontak atau di alamat email admin@info-geospasial.com.

 

Wassalamualaikum Wr.Wb

0 komentar:

Post a comment