KONVERSI ARCVIEW PROJECT (.APR) KE ARCMAP PROJECT (.MXD)

Leave a Comment
Assalamualaikum WR.Wb

ArcView merupakan software GIS (geographic Information System), dengan software ini kita dapat menyimpan, memanipulasi, menganalisis dan menyajikan informasi geografis. Dikembangkan oleh ESRI (Environmental Systems Research Institute), produk ini merupakan produk yang sudah ada sejak lama dan masih banyak digunakan sampai sekarang. ESRI sendiri sudah mengeluarkan produk terbaru yang merupakan pengembangan dari ArcView yaitu  ArcGIS desktop, dimana ArcGIS Desktop merupakan software GIS professional yang komprehensif dan dikelompokkan atas lima komponen yaitu : 
  1. ArcMap Merupakan aplikasi utama yang digunakan untuk mengolah suatu data spasial atau non spasial, seperti membuat, menampilkan, memilih, mengedit, anlisis, serta berbagai fungsi lainnya.
  2. ArcCatalog Digunakan untuk menjelajah, mengatur, membagi, mendokumentasikan serta menyimpan data GIS. Aplikasi ini berguna dalam proses eksplorasi dan pengolahan data spasial.
  3. ArcScene Aplikasi yang digunakan untuk pengolahan data GIS serta menampilkannya ke dalam tampilan 3D.
  4. ArcGlobe Menampilkan peta secara 3D ke dalam bola dunia, serta dapat terkoneksi langsung dengan internet.
  5. ArcToolBox Berisi sekumpulan tools yang dapat digunakan untuk keperluan pemetaan serta analisis keruangan lainnya.
Karena banyaknya pembaruan serta penambahan fitur yang lebih lengkap di ArcGIS, banyak pengguna ArcView yang ingin beralih ke software ini, namun yang jadi pertanyaan bagaimana jika ingin melakukan pengolahan di ArcGIS namun dengan menggunakan project yang sudah pernah di buat di ArcView, perlu di ketahui projek di ArcView berektensi (.apr) sedangkan di ArcGIS khususnya ArcMap berektensi (.mxd).
Untuk mengatasi hal tersebut, ESRI selaku pengembang dari kedua perangkat lunak tersebut telah menyediakan fitur untuk mengkonversi Project dari ArcView ke ArcMap yang sudah tersedia di dalam ArcMap.
Project di ArcView
Project di ArcView
Gambar di atas adalah contoh peta yang dikerjakan di ArcView. Untuk membukan project peta tersebut ke dalam ArcMap caranya di dalam ArcMap masuk ke menu Customize > Customize Mode > Command, cari Import from ArcView Project. Kemudian tarik tool yang muncul ke dalam toolbar. Untuk lebih jelas lihat animasi berikut :
Menambahkan tool import ArcView Project
Menambahkan tool import ArcView Project
Di dalam tool tersebut, masukan project ArcView yang akan di Import.
Import ArcView 3.2 or 3.3 Project
Import ArcView 3.2 or 3.3 Project
Setelah melakukan proses import maka semua layer yang terdapat di dalam project ArcView tersebut akan muncul di dalam ArcMap.
Project di ArcMap
Project di ArcMap
Lakukan sedikit pengaturan(untuk layout) yang di import, karena layout tidak akan 100% sama seperti pada saat project di buat di ArcView. Simpan project tersebut, maka hasilnya akan memiliki ektensi (.mxd).
Semoga Bermanfaat . . .

Wassalamualaikum Wr.Wb

0 komentar:

Post a Comment