PAN-SHARPENING LANDSAT 8 DENGAN ENVI

Leave a Comment
Assalamualaikum Wr.Wb

Pan Sharpening merupakan metode fusi citra data panchromatic yang beresolusi tinggi dengan data multispectral resolusi rendah untuk membuat dataset resolusi tinggi berwarna. Diketahui citra landsat 8 terdiri dari 11 band/kanal, yang masing-masing memiliki kegunaan tersendiri. Band 1-7 dan 9 memiliki resolusi spatial 30 meter, band 8 = 15 meter (Panchromatic), band 10-11 = 100 meter (termal).
Di dalam envi terdapat beberapa metode untuk melakukan pan-sharpening, diantaranya :
  • Hue, Saturation, Value (HSV)
  • Color Normalized (Brovey)
  • Gram-Schmidt
  • Principal Components
  • Color Normalized algorithm
Setiap metode yang digunakan memerlukan syarat tertentu. Dalam artikel ini akan dijelaskan proses pan-sharpening dengan menggunakan metode Brovey. Panggil band 4,3,2 dan 8 ke dalam Envi. (4,3,2 adalah kombinasi band untuk menghasilkna warna natural & 8 adalah band panchromatic).
Dalam penggunaan metode ini, band tidak boleh dalam keadaan sudah di stacking. Jadi proses stacking dan pan-sharpening akan dilakukan dalam satu proses yang sama. Kombinasi band yang dapat di lakukan untuk landsat 8 dapat di lihat di link berikut :
Setelah ke empat band (4,3,2 dan 8) berhasil dipanggil, selanjutnya masuk ke menu Transform > Image Sharpening > Color Normalized (Brovey). Pilih kombinasi RGB untuk menghasilkan warna natural (4,3,2).
Select RGB input Bands
Select RGB input Bands
Klik ok, kemudian pilih Band resolusi tinggi yaitu band 8 (panchromatic).
Select Bands Panchromatic
Select Bands Panchromatic
Pada jendela baru yang muncul, pilih metode resampling yang akan digunakan. Dalam contoh ini digunakan metode resamping Nearest Neighbor, kemudian tentukan tempat penyimpanan hasil akhirnya dan beri nama.
CN Brovey Sharpening Parameters
CN Brovey Sharpening Parameters
Setelah berhasil, coba bandingan hasil proses pan-sharpening tersebut dengan kombinasi RGB (stacking biasa) band 4,3, dan 2.
kiri hasil pan-sharpenging (4,3,2 dan 8) dan kanan hasil stacking biasa (4,3, dan 2)
kiri hasil pan-sharpenging (4,3,2 dan 8) dan kanan hasil stacking biasa (4,3, dan 2)
Terlihat perbedaan dari kedua gambar di atas, dan dari ukuran dimensi pun terlihat berbeda. Untuk gambar hasil pan-sharpening memiliki dimensi 15161 x 15481 (pixel) karena dimensi band 4,3, dan 2 yang semula berukuran 7581 x 7741 (pixel) berubah mengikuti dimensi yang dimiliki band 8.
Sedangkan untuk gambar hasil stacking biasa memiliki dimensi yang sama seperti band pembentuknya yaitu 7581 x 7741 (pixel).
Proses stacking citra landsat 8 sendiri sudah pernah di jelaskan di artikel berikut :
Untuk proses pan-sharpening dengan menggunakan metode yang lain, memiliki syarat tertentu seperti ada metode yang mengharuskan band yang memiliki resolusi rendah sudah dalam keadaan multispectral (sudah di stacking). Proses pan-sharpening dengan metode lainnya akan di jelaskan di artikel yang lain. Semoga Bermanfaat . . .

Wassalamualaikum Wr.Wb

0 komentar:

Post a Comment