CEK ERROR TOPOLOGY DI ARCGIS

Leave a Comment
Assalamualaikum Wr.Wb

Error Topology merupakan kesalahan yang tedapat di dalam suatu objek vektor berupa line ataupun polygon yang diakibatkan oleh kesalahan dalam proses digitasi atau error yang muncul setelah melakukan analisis terhadap objek tersebut. Sebelumnya pembahasan mengenai error topology pernah di bahas di dalam artikel berikut :
Untuk mengatasi error topology, sebelumnya diperlukan cek terlebih dahulu terhadap objek vektor untuk mengetahui letak error yang terjadi. Dan pada artikel ini akan dibahas cara mengatasi Error Topology dengan menggunakan software ArcGIS. Dalam contoh ini akan menggunakan layer Kota Bandung.
Layer Kota Bandung
Layer Kota Bandung
Panggil layer Kota Bandung ke dalam data view di ArcGIS, buka catalog, kemudian koneksi ke tempat layer Kota Bandung di simpan. Buat Geodatabase baru dan buat feature dataset di dalamnya. Untuk melakukan cek Error Topology, layer dalam format SHP harus dikonversi terlebih dahulu ke Feature Class di dalam Geodatabase yang baru saja di buat.
Tools Feature Class to Feature Class
Tools Feature Class to Feature Class
Buka ArcToolbox > Conversion Tools > To Geodatabase > Feature class to Feature Class. Simpan hasil koversi ke dalam feature dataset di dalam geodatabse yang sebelumnya di buat.
Feature Class to Feature Class
Feature Class to Feature Class
Setelah proses konversi selesai, buka kembali Catalog, kemudian di dalam Feature Dataset yang berisikan Feature Class hasil konversi sebelumnya, buat Topology baru dengan cara klik kanan pada dataset (bandung) > New > Topology. Beri nama, kemudian select Feature Class yang akan di Cek Error Topologynya, klik Add Rule, berikan aturan-aturan yang di inginkan. Dalam contoh ini aturan yang diberikan adalah (Must Not Have Gaps dan Must Not Overlap).
Aturan Topology
Aturan Topology
Gap adalah ruang kosong atau rongga di antara polygon yang saling berhimpitan, sedangkan Overlap adalah polygon yang saling tumpang tindih.
Cek jumlah error dengan cara klik kanan Topology yang baru saja di buat, klik properties > Errors > Klik Generate Summary. Hasilnya kurang lebih seperti gambar berikut :
Cek Error Topology 1
Jumlah Error Topology 1
Terdapat 1 Gap dan 4 Overlap. Untuk mengatasi error tersebut panggil feature Class Topology, maka akan muncul objek error dari layer Kota Bandung.
Objek Error Topology
Objek Error Topology
Atasi error tersebut dengan cara aktifkan editing dari SHP Kota Bandung, kemudian zoom ke objek yang ditandai error (berwarna merah), error overlap atasi dengan edit vertek pada tools editing kemudian geser vertek ke posisi yang tidak overlap, atau select objek polygon yang tertindih kemudian masuk ke menu editor, pilih clip (Discard the area that intersects).
Bagian tepi luar dari objek polygon akan selalu di anggap gap oleh system, sehingga biarkan error tersebut. Save hasil editing SHP Kota Bandung, kemudian konversi kembali ke Feature Class di geodatabase, buat Topology yang baru, lakukan tahapan yang sama seperti sebelumnya, dan cek jumlah error yang ada.
Cek Error Topology 2
Cek Error Topology 2
Hasilnya error dari overlap sudah 0, sedangkan error gap 1 (abaikan error gap karena itu merupakan error dari garis tepi luar polygon dan itu bukan merupakan error yang sebenarnya).
Untuk lebih jelas, tahapan-tahapan di atas dapat di lihat di video berikut :
Semoga artikel ini bermanfaat . . .

Wassalamualaikum Wr.Wb

0 komentar:

Post a Comment