MEMBUAT GRID SESUAI DENGAN BENTUK AREA OF INTEREST DI ARCGIS

Leave a Comment
Assalamualaikum Wr.Wb

Grid adalah garis hayal yang terbentuk oleh garis vertikal dan horizontal yang mengorientasikan lokasi/koordinat peta dengan koordinat lokasi sebenarnya. Grid dapat digunakan untuk menunjukan lokasi koordinat geografis dengan menggunakan sumbu Lintang dan Bujur dan di tampilkan dalam satuan Derajat Menit Detik (DMS), ataupun menunjukan lokasi koordinat grid (UTM) dengan menggunakan jarak (meter/mil) sebagai satuan yang ditampilkannya di setiap titik acuan.
Grid pada peta biasanya ditampilkan dalam bentuk data frame (kotak atau persegi panjang) dengan penempatan label di bagian luar data frame tersebut. Sehingga untuk beberapa objek peta yang tidak berbentuk persegi, akan menjadi kurang sesuai apabila menggunakan model grid seperti itu. Dan pada bahasan ini akan dijelaskan cara pembuatan grid peta dengan bentuk mengikuti tampilan Area of Interest (AoI) menggunakan software ArcGIS.
Jalankan program ArcGIS, add data yang akan ditampilkan di dalam layout view dan akan di beri grid. Contoh pada bahasan ini akan mengunakan citra landsat 8 warna natural yang sebelumnya sudah di potong untuk daerah Kupang, NTT
lANDSAT kUPANG
Landsat Kupang, NTT
Selanjutnya buat grid untuk layout tersebut dengan cara, klik kanan pada data frame> Properties> Grids> New Grid. Terdapat tiga pilihan jenis grid yang akan digunakan :
  1. Graticule : Grid dengan unit DMS (Untuk peta dengan proyeksi Geografis)
  2. Measured Grid : Grid dengan unit jarak (Meter/Mil) dan digunakan untuk peta dengan proyeksi UTM.
  3. Reference Grid : Grid dengan unit angka atau huruf biasa.
Grids Type
Create Grids
Dalam kegiatan ini grid yang digunakan adalah Graticule. Sesuaikan bentuk garis, label, dan interval yang akan digunakan. Maka hasilnya akan seperti gambar berikut :
Landsat with Grid
Landsat with Grid
Dari gambar di atas terlihat grid terbentuk berdasarkan luas dan lebar data frame di layout, sehingga untuk membuat grid agar pas dengan objek peta, diharuskan merubah skala peta dan lebar data frame yang digunakan. Add Data AoI yang akan digunakan, contoh di sini menggunakan WIUP (Wilayah izin usaha pertambangan) untuk suatu perusahaan pertambangan yang berlokasi di Kupang, NTT.
Area of Interest
Area of Interest
Objek peta berwarna Biru muda pada gambar di atas merupakan AoI yang digunakan. Klik kanan pada data frame di layout. Pilih Properties >Data Frame. Pada Extent Used By Full Extent Command, pilih Other> Specify Extent.
Setting AoI
Setting AoI
Pilih Outline of Features dan pilih layer yang menjadi AoI, klik OK. Clip Option pilih Clip to Shape, Specify Shape gunakan layer AoI, dan select Clip Grid and Graticule. Sehingga akan di dapat tampilan grid dan objek peta yang baru sesuai dengan bentuk AoI yang digunakan.
Area of Interest
Area of Interest with Layer
Unselect layer WIUP, dan atur kembali orientasi label grid yang digunakan beserta intervalnya. Maka hasil akhirnya seperti gambar berikut :
Landsat Area of Interest
Landsat Area of Interest 
Tutorial di atas dapat di lihat di video berikut :
Semoga Bermanfaat . . .

Wassalamualaikum Wr.Wb

0 komentar:

Post a Comment