GEOCODING OTOMATIS DI MAPINFO

Leave a Comment
Assalamualaikum Wr.Wb

Geocoding adalah proses transformasi deksripsi lokasi (seperti alamat, nama tempat, atau koordinat) ke lokasi di permukaan bumi, dan di dalam artikel ini akan dibahas proses geocoding data attribut di tabel ke dalam peta vektor dengan menggunakan software MapInfo. Untuk melakukan geocoding ini di perlukan sebuah kata kunci yang sama di dalam data tabel dan di dalam objek vektor, sehingga proses dapat berjalan dengan benar. Panggil layer vaktor yang akan digunakan. Dalam contoh ini menggunakan layer Kecamatan di kabupaten Ciamis, Jawa Barat.
Layer Kecamatan
Layer Kecamatan
Gambar di atas merupakan layer yang berisikan objek kecamatan yang berada di kabupaten Ciamis, Jawa Barat, dan ditampilkan berserta data tabel dari objek vektor tersebut. Sedangkan gambar di bawah merupakan data Jumlah Penduduk dalam format Ms.Excel yang akan di geocoding ke dalam layer Kecamatan di atas.
Tabel Data Penduduk di Ms.Excel
Tabel Data Penduduk di Ms.Excel
Pastikan layer dan data tabel yang akan di geocoding memiliki kata kunci yang sama. Dari data di atas kata kunci yang dipakai adalah nama setiap kecamatan. Panggil data tabel di atas ke dalam software MapInfo dengan type Microsoft Excel (sesuaikan dengan format data tabel yang digunakan), dan berikut tampilan data di atas di dalam software MapInfo :
Tabel Data Penduduk di MapInfo
Tabel Data Penduduk di MapInfo
Proses geocoding dapat dilakukan secara manual maupun otomatis, di dalam contoh ini akan digunakan cara otomatis agar proses berlangsung dengan cepat. Masuk ke menu Table > Geocode, maka akan terbuka jendela baru seperti berikut :
Geocode
Geocode
Isi jendel di atas seperti berikut :
  • Geocode Table : Tabel yang akan di geocoding
  • Using Column : Kolom/Field yang berisikan kata kunci
  • Search Table : Layer yang akan digunakan sebagai target geocoding
  • For Objects in Column : Kolom/Field yang berisikan kata kunci di dalam layer
  • Mode : Pilih Automatic (Proses akan berlangsung secara otomatis tanpa meminta konfirmasi) dan pilih Interactive (proses dilakukan dengan memilih objek terdekat yang akan digeocoding).
Pilih simbol yang akan digunakan dengan memilih objek simbol, klik Ok. Jika berhasil maka akan keluar pop up seperti berikut :
Geocodinng Berhasil
Geocodinng Berhasil
Dikatakan proses geocoding yang berhasil berjumlah 26, dan 1 gagal. Geocoding yang gagal di atas merupakan record kosong yang tidak berisikan informasi ataupun keterangan yang akan di geocoding, sehingga dapat dikatakan seluruh record di dalam tabel berhasil di geocoding. Apabila terjadi kegagalan dalam proses di atas, pastikan kata kunci yang digunakan sama persis antara tabel dan objek vektor. Untuk mengatasi beberapa record yang gagal di geocoding, maka bisa di atasi dengan cara geocoding secara manual yang dapat di lihat di artikel GEOCODING MANUAL DI MAPINFO.
Layer Control
Layer Control
Panggil layer Data Penduduk yang berasal dari tabel yang digeocoding ke dalam layer editing. Caranya di dalam layer control, pilih tanda + (plus) warna hijau di samping kiri atas, kemudian panggil layer tersebut.
Hasil Geocoding
Hasil Geocoding
Setelah proses geocoding berhasil maka kurang lebih hasilnya seperti gambar di atas. Terbentuk objek baru berupa point di lokasi atau di kecamatan yang sama dengan keterangan di tabel.
Semoga Bermanfaat . . .

Wassalamualaikum Wr.Wb

0 komentar:

Post a Comment