MEMBUAT STRIKE/DIP DI ARCGIS

Leave a Comment
Assalamualaikum Wr.Wb

Artikel ini akan membahas cara membuat simbol Strike/Dip di software ArcGIS. Sebelumnya memulai proses pengerjaan, sebaiknya pahami terlebih dahulu pengertian Strike/Dip.
- Strike = Arah sebaran batuan
- Dip = Kemiringan
Data Strike/Dip di dapat dari hasil survey lapangan dengan menggunakan Kompas Geologi dan GPS. Satuan yang digunakan adalah ⁰ (derajat), Strike di mulai dari 1⁰-360⁰ dan Dip di mulai dari 1⁰-90⁰. Data yang diperlukan dalam kegiatan ini di input dari Ms.Excel, yang terdiri dari koordinat X,Y, Strike,dan Dip. Contohnya seperti gambar berikut :
Data Excel
Data Strike/Dip di Excel
Jalankan program ArcMap, panggil data Ms.Excel tersebut dengan tools Add XY Data yang berada di File > Add Data > Add XY Data.
Browse file Ms.Excel tersebut, kemudian pada X Field pilih file yang berisikan Nilai koordinat X, dan Y Field pilih field yang berisikan nilai Koordinat Y. Tentukan sistem koordinat yang digunakan pada pilihan Edit. OK.
Add XY Data
Add XY Data
Maka akan muncul point yang menunjukan lokasi dari Strike/Dip. Selanjutnya konversi data excel tersebut menjadi SHP (Shapefile). Dengan cara klik kanan pada layer tersebut pilih Data > Export Data. Pilih Export All Feature, kemudian Tentukan lokasi penyimpanan hasil konversi tersebut, Ok.
Export Data
Export Data
Ubah simbol dari point tersebut dengan mengklik simbol point pada layer Strike_Dip, kemudian pada pilihan Style References select Geology_24K, maka akan muncul pilihan simbologi baru, pilih simbol strike/dip yang di inginkan kemudian sesuaikan ukurannya.
Symbology
Symbology
Hasil dari penggunaan simbol tersebut akan merubah seluruh simbol pada layer Strike/Dip seperti gambar berikut :
Strike/Dip 1
Strike/Dip 1
Rotasi simbol tersebut sesuai dengan nilai strike. Klik kanan pada layer Strike_Dip pilih properties > Symbology. Pada pilihan drop down Advanced, piilh Rotation. Pada pilihan rotation, gunakan field Strike dengan Style rotation Geographic. Hasilnya simbol Strike/Dip di layer editing akan berubah sesuai arah strike.
Strike/Dip 2
Strike/Dip 2
Tahap terakhir adalah pemberian label pada simbol tersebut. Agar label tepat berada pada arah dip, atur label dengan cara klik kanan layer tersebut pilih Properties > Labels. Select pilihan Label Feature in This Layer, label field gunakan field DIP. Masuk ke Placement Properties. Gunakan pilihan Place label at an angle specified by a field.
Placement Properties
Placement Properties
Klik Rotation Field, gunakan field Strike dan style rotation Geographic. Klik Ok. Pada pilihan Pre-defined label Style pilih Label Styles > Properties > Symbol Properties > Edit Symbol. Berikan Angle nilai 90, Vertical Alignment gunakan Bottom, Hirozontal Alignment gunakan Full. Perhatikan gambar berikut :
Editor
Editor Symbol
Maka setelah mengikuti cara di atas, hasilnya label akan berada tepat di depan arah dip.
Strike/Dip 3
Strike/Dip 3
Untuk tutorial lengkapnya dapat di lihat di video berikut :
Sekian artikel kali ini, semoga dapat bermanfaat . .

Wassalamualaikum Wr.Wb

0 komentar:

Post a Comment