GEOREFERENCING GOOGLE IMAGERY IN ARCGIS

Leave a Comment
Assalamualaikum Wr.Wb

Pada kesempatan kali ini, blog info-geospasial akan memberikan tutorial cara melakukan georeferencing google imagery dengan menggunakan software arcgis. Pertama-tama pastikan sudah terinstal software google earth di pc, software nya bisa di unduh di link berikut :
Seletah terinstal, jalankan google earth lalu cari lokasi yang akan di georeferencing. Sebelumnya atur terlebih dahulu satuan sistem koordinat yang akan digunakan. Caranya masuk ke menu perangkat >Pilihan. Dalam tutorial ini, digunakan sistem koordinat geografis dalam satuan derajat desimal.
pilihan
Pengaturan Unit Sistem Koordinat Google Earth
Kemudian di samping kiri, di dalam menu tempat, buat folder baru pada tempat sementara dengan cara klik kanan> tambahkan> folder. Beri nama sesuai dengan yang di inginkan. Lalu pada folder yang baru saja di buat, klik kanan lalu tambahkan penanda letak. Gunakan simbol penanda letak cross-hairs cross hairs, lalu tempatkan di posisi yang akan dijadikan titik acuan pada saat melakukan georeferencing (bisa di sudut kiri dan kanan atas, atau di sudut kanan dan kiri bawah).
Penanda Letak
Penanda Letak
Beri nama penanda letak sesuai dengan yang di inginkan, lalu salin nilai koordinat lintang dan bujur pada lokasi penanda letak tersebut ke dalam program Microsoft Excel. Buat penanda letak lainnya dengan jumlah minimal 4 buah, lalu lakukan tahap yang sama seperti di atas. Sehingga di dalam Ms. Excel kurang lebih akan seperti berikut :
Koordinat di Ms,Excel
Koordinat di MS.Excel
Simpan tampilan google imagery dengan cara masuk menu file di dalam program google earth, pilih simpan> simpan gambar. Selanjutnya jalankan program ArcMap pada ArcGIS, dalam contoh ini arcGIS yang digunakan versi 10.1. Add tampilan google imagery, lalu atur sistem koordinat yang di gunakan dengan cara klik kanan pada layer dalam TOC (Table Of Contents), pilih properties, lalu dalam coordinate system pilih sistem koordinat yang sesuai dengan pengaturan sistem koordinat di dalam google earth (dalam tutorial ini digunakan sistem koordinatat geografis WGS 1984).
Tambahkan data excel yang berisikan nilai koordinat dengan cara masuk ke menu file, lalu Add data> Add XY data. 
Add XY data
Add XY data
Seletah di tambahkan, ganti simbology pada data excel dengan simbol yang sesuai. Lalu klik kanan pada layer data Excel pilih Zoom to Layer, hasilnya kurang lebih akan seperti berikut :
Layer from Excel
Layer from Excel
Tampilkan tools Georeferencing, dengan cara masuk ke Customize> Toolbars> Georeferencing. Gunakan tools Add Control Point add control point, tempatkan di lokasi dari penanda letak yang ada di dalam tampilan google imagery dengan mengklik satu kali, kemudian tarik pointer ke layer data Excel, klik kanan> Zoom to Layer. Tempatkan pointer pada objek titik yang memiliki nilai koordinat dari lokasi yang ditandai dengan mengunakan tools Add Control Point, sehingga nilai koordinat dari lokasi yang dijadikan titik kontrol akan terisi otomatis. Lakukan hal yang sama terhadap objek penanda letak lainnya. Setelah semua penanda letak di beri control point, maka hasilnya kurang lebih seperti berikut:
Google Imagery Georeferencing
Google Imagery Georeferencing
Lihat nilai eror yang di dapat dengan menggunakan tools View Link Table view link table. Proses georeferencing dengan memasukan nilai koordinat dari data excel akan menghasilkan nilai error yang lebih baik dari pada proses memasukan nilai koordinat secara manual, dan nilai error dari proses ini adalah :
RMS Error
RMS Error
Masuk pada menu georeferencing, kemudian klik Update Georeferencing. Maka proses georeferncing pun selesai. Proses diatas dapat dilihat langsung di video berikut :
Semoga bermanfaat . . .

Wassalamualaikum Wr.Wb

0 komentar:

Post a Comment