TELUSURI ISI BANGUNAN DENGAN GOOGLE INDOOR MAPS

Leave a Comment
Asslamualaikum Wr.Wb

Kembali membahas tentang fitur yang terdapat di dalam google maps, kali ini kita akan membahas fitur terbaru yaitu Google Indoor Maps. Fitur ini merupakan pengembangan dari fitur Google Street View, hanya perbedaannya, Street View hanya bisa digunakan untuk melihat sudut-sudut kota yang direkam melalui kamera yang di pasang di mobil di sepanjang jalan yang dilaluinya.
Sedangkan setelah dikembangkan lebih jauh sekarang dengan fitur Google Indoor Maps, kita bisa melihat seluk beluk isi bangunan, seperti isi bandara, musium, mal, kampus perguruan tinggi, dan bangunan lainnya. Dengan begitu fitur ini tentu saja memudahkan bagi pengunjung baru apabila sedang mengunjungi suatu bangunan seperti musium ataupun bandara. Cara kerjanya seperti berikut ini :
Google Indoor Maps
Google Indoor Maps
Masuk ke https://maps.google.com atau gunakan aplikasi Google Earth kemudian ikuti langkah-langkah di atas. Fitur ini sudah tersedia untuk beberapa negara, termasuk Indonesia, di Indonesia sendiri sampai artikel ini dibuat 19 Desember 2015 beberapa tempat yang dapat dikunjungi dengan fitur Google Indoor Maps, diantaranya :
Temat Yang Dapat Diakses Googel Indoor Maps
Tempat Yang Dapat Diakses Googel Indoor Maps
Dengan fitur ini tidak hanya pihak google saja yang dapat menambahkan tempat-tempat yang dapat dikunjungi. Bahkan masyarakat umum pun dapat menambahkan denah untuk tempat-tempat yang mereka inginkan. Caranya sebagai berikut :

Langkah 1 : Unggah Denah Lantai
  1. Siapkan denah lantai dari lokasi yang akan di unggah dalam format digital. Format yang di dukung diantaranya : GIF, TIF, JPG, PNG, MBP, dan PDF.
  2. Jalankan browser kemudian kunjungi halaman https://maps.google.com/floorplans, klik Add a Floor Plan Now.
  3. Di dalam Search Box, masukan alamat bangunan yang ingin ditambahkan denah lantainya.
  4. Drag Marker sampai berada tepat di tengah bangunan yang akan di tambahkan denah lantai, secara default, marker terletak pada alamat jalan yang kadang tidak sesuai dengan lokasi bangunan yang sebenarnya.
  5. Klik tombol Use This Building, kemudia pada tampilan layer berikutnya, masukan informasi lebih lanjut tentang denah lantai yang akan di unggah, masukan nama bangunan, jumlah lantai, dan nomor lantai dari denah yang akan di unggah.
  6. Pilh file gambar yang sebelumnya sudah dipersiapkan, yang sesuai dengan lokasi dan informasi yang di maksud, kemudian klik Unggah Peta Untuk Lantai Ini.
Langkah 2 : Sejajarkan Denah Dengan Foto Udara Bangunan
  1. Sesuaikan denah dengan mengeser ke posisi yang sesuai dengan foto udara bangunan, dengan mengeser simbol X berwarna merah.
  2. Putar denah ke posisi yang seharusnya dengan mengklik simbol biru berpanah bundar.
  3. Pastikan denah menghadap ke arah yang benar.
  4. Setelah posisi denah teratur dengan foto udara bangunan, atur ulang ukuran denah dengan mengklik dan menyeret simbol ungu sehingga denah sesuai dengan tepi bangunan.
  5. Klik Simpan Sejajarkan, kemudia periksa kembali denah lantai agar sesuai dengan yang di inginkan.
  6. Jika diperlukan tambahkan informasi terkait tata letak dan struktur unik bangunan pada Kotak Komentar.
  7. klik Kirim untuk memproses denah. Denah akan ditinjau ulang oleh pihak google, apabila disetujui, denah lantai yang anda unggah akan tersedia untuk semua orang.
Untuk lebih jelas memahami proses mengunggah dan mensejajarkan denah lantai ke dalam google maps, tonton saja video berikut ini :
Semoga bermanfaat . . .

Wassalamualaikum Wr.Wb

0 komentar:

Post a Comment