STACKING LANDSAT 8 DENGAN ENVI

Leave a Comment
Assalamualaikum Wr.Wb

Stacking merupakan proses menggabungkan beberapa band/kanal yang berbeda sehingga membentuk suatu tampilan yang di inginkan. Diketahui landsat 8 terdiri dari 11 band yang masing-masing memiliki kegunaannya tersendiri. Dan untuk menampilkan suatu tampilan baku dari citra landsat, diperlukan suatu proses penggabungan band/kanal yang disebut stacking atau komposit.
Pada proses ini digunakan software Envi 5.1, jalankan program Envi, kemudian panggil band/kanal yang akan di gabungkan dengan masuk ke menu file, lalu pilih open image file. 
stacking1
Memanggil band/kanal dengan Envi
Daftar band/kanal yang di panggil akan ditampilkan di dalam jendela baru seperti gambar di atas. Dalam proses ini kombinasi band yang digunakan adalah band 4,3 dan 2 (Natural Color). Untuk mengetahui kombinasi band/kanal pada citra landsat 8, dapat di lihat di link berikut :
Selanjutnya masuk ke menu Basic Tools, pilih Layer Stacking. Di dalam tampilan jendela yang muncul, tentukan parameter yang digunakan, lalu pilih import file, dan select band/kanal yang akan digabungkan, pilih ok. Dan hasilnya kurang lebih seperti berikut :
parameter stacking
Parameter Layer Stacking
Tentukan metode resampling yang digunakan, dan lokasi penyimpanannya. Di dalam record files, urutkan band/kanal sesuai dengan kombinasi yang digunakan.
record files
Urutan band/kanal di dalam Record Files
Maka setelah mengikuti tahapan-tahapan di atas, akan terbentuk suatu kombinasi band/kanal yang akan di tampilkan di dalam daftar band, kurang lebih seperti berikut :
daftar band/kanal
Daftar band/kanal
Pada pilihan metode RGB akan terisi otomatis, kemudian untuk melihat hasilnya, klik load RGB. Maka akan muncul tampilan citra landsat yang sudah melalui tahap stacking, sehingga memiliki tampilan dengan warna natural.
hasil stacking warna natural
Hasil stacking band 4,3,dan 2 (Natural Color)
Gambar di atas merupakan hasil akhir dari proses stacking, untuk tampilan yang berbeda bisa di coba beberapa kombinasi band lainnya. Apabila cara di atas kurang jelas, silahkan lihat video berikut :
Semoga bermanfaat . . .

Wassalamualaikum Wr.Wb

0 komentar:

Post a Comment