MEMBUAT HILLSHADE DI MAPINFO

Leave a Comment
Assalamualaikum Wr.Wb

Hillshade atau Shaded Relief merupakan sebuah metode yang digunakan untuk mempresentasikan gambaran relief sebuah wilayah pada sebuah data raster yang masih dalam format 2-D (2 Dimensi) dengan cara memberikan kesan 3-D (3 Dimensi) pada data raster tersebut. Pemberian kesan 3-D tersebut dapat dilakukan dengan cara pemberian teknik pencahayaan dan bayangan yang tepat pada sebuah data raster.
Saat ini pada umumnya pembuatan shaded relief sebuah wilayah menggunakan data Digital Elevation Model (DEM), dimana dengan pemberian teknik pencahayaan dan bayangan yang tepat akan menghasilkan kesan tampilan 3-D dari data DEM tersebut.
Pada bahasan ini saya akan membahas cara membuat hillshade di software Mapinfo. Sebelumnya diperlukan tools tambahan, yaitu Encom Discover pada software Mapinfo yang sudah terinstal. Encom Discover bisa di unduh di link berikut :
Bahan yang dibutuhkan yaitu sebuah data DEM, bisa berupa SRTM ataupun AsterGDEM, Dan tentu saja tools Encom Discover yang sudah terintegrasi dengan perangkat Mapinfo yang akan digunakan.
Jalankan program Mapinfo, kemudian buka data DEM dengan File of Type : Grid Image, lalu pilih DEM yang akan digunakan, klik Open.
Open DEM
Open DEM
Setelah data DEM dipanggil, kurang lebih tampilannya akan seperti gambar berikut :
DEM in Mapinfo
DEM in Mapinfo
Tampilan DEM di atas masih sebatas tampilan raster dengan perbedaan warna untuk setiap nilai ketinggian. Agar tampilan raster DEM lebih menarik, maka kita harus memberikan Efek Hillshade berdasarkan Azimuth dan Altitude.
Azimuth merupakan sudut putar sinar matahari dari arah barat hingga timur.
Altitude merupakan sudut ketinggian penyinaran sinar matahari terhadap objek di bumi.
Buka menu Discover yang sebelumnya telah terinstal dan terintegrasi dengan software Mapinfo yang digunakan. Kemudian pilih Surface Menu.
Selecting Surface Menu
Selecting Surface Menu
Akan muncul menu baru bernama Surfaces, di dalamnya pilih Modify Grid Display, maka akan muncul jendela baru untuk mengatur tampilan raster DEM. Untuk memberikan efek Hillshade, pilih Sub-Menu Sun, sesuaikan angka pada kolom Angel di dalam kategori Sun-Shade dan Sun-Highlight. Lalu tentukan Shadow yang tepat agar tampilan raster sesuai dengan yang di inginkan.
Modify Grid Display
Modify Grid Display
Setelah mengikuti semua tahapan di atas, maka tampilan pada raster DEM akan berubah dan memiliki efek Hillshade. Kurang lebih hasilnya seperti berikut :
Hillshade
Hillsahde
Untuk mendapatkan tampilan yang di inginkan, dapat di setting dan di coba mengubah angka-angka di dalam tools Modify Grid Display. Dan untuk merubah warna raster, bisa di lakukan di dalam sub-menu Color.
Semoga Bermanfaat . . .

Wassalamualaikum Wr.Wb

0 komentar:

Post a Comment