JELAJAHI GOOGLE MAPS TANPA KONEKSI INTERNET

Leave a Comment
Assalamualaikum Wr.Wb


Google Maps merupakan peta global virtual yang dsediakan oleh Google Inc, dan dapat diakses dan dinikmati dengan gratis. Google Maps dapat di akses di alamat https://maps.google.com, di dalamnya kita di suguhkan dengan berbagai fitur untuk menjelajahi bumi secara virtual.
Seperti yang sudah diketahui terdapat beberapa fitur yang dapat dinikmati di dalam google maps, selain sajian kenampakan bumi dalam tampilan google street, kita juga dapat menampilkan bentuk bumi dalam tampilan nyata dengan menggunakan fitur Virtual Earth, kemudian google menyajikan fitur untuk menjelajai tempat-tempat terkenal di dunia, dan yang belum lama ini cukup booming di indonesia adalah fitur Google Street View, dengan fitur ini kita disuguhkan tampilan sudut-sudut kota yang direkam dengan menggunakan kamera yang dipasangkan di mobil, troli, sepeda, perahu dan bahkan dipegang sendiri oleh manusia.
Dan untuk bahasan ini, blog INFO-GEOSPASIAL akan memaparkan fitur baru yang disediakan di dalam google maps, yaitu fitur untuk men-download tampilan peta yang di inginkan (cakupan dapat berupa kota, kecamatan, kabupaten, provinsi, bahkan negara) kemudian mengaksesnya secara offline.
Sebelumnya fitur untuk akses peta offline memang sudah ada, akan tetapi fitur itu hanya bisa di akses untuk melihat peta offline. dan untuk fitur ini, dari peta yang di unduh, memungkinkan kita untuk menggunakan fitur telusuri layaknya seperti pada saat kita online. 
Sampai artikel ini ditulis 19 Desember 2015, fitru untuk unduh peta offline hanya baru tersedia untuk perangkat Android. Untuk men-download peta offline, caranya sebagai berikut :
Download Peta Offline
Download Peta Offline.
Saat kita berada di dalam cakupan daerah yang akan di download, kita cukup menekan Download pada lembar peta yang di tampilkan, atau dengan pergi ke Offline Area kemudian tekan tombol "+". Setelah peta di download, Secara otomatis Google Maps akan pindah ke Modus Offline ketika kita sedang berada dia area yang tidak ada koneksi internet, dan akan kembali aktif pada saat kita berada di area yang memiliki koneksi internet. Secara default, google hanya akan men-download peta pada saat kita menggunakan koneksi WI-FI, hal itu dilakukan untuk mencegah besarnya data yang di download. Untuk menggunakan fitur telusuri dari peta offline, caranya sebagai berikut :
Jelajahi peta offline
Telusuri Peta Offline
Dengan adanya tambahan fitur download peta offline ini, membantu kita untuk menelusuri peta di saat kita tidak memiliki koneksi internet. Semoga bermanfaat . . .

Wassalamualaikum Wr.Wb

0 komentar:

Post a Comment