WEBGIS SEDERHANA DENGAN PLUGIN LEAFLET DI QGIS

Leave a Comment
Assalamualaikum Wr.Wb

Leaflet merupakan perpustakaan JavaScript yang bersifat Open Source dan dapat digunakan untuk pemetaan web maupun aplikasi. Leaflet dibuat oleh Vladimir Agafonkin dan pertama kali di rilis pada tanggal 13 Mei 2011. Leaflet memungkinkan seseorang tanpa latar belakang GIS untuk dengan mudah menampilkan peta berbasis web kedalam suatu tampilan browser, dengan tampilan menarik serta tambahan tools pembantu yang dapat mempermudah dalam memfungsikannya.
Dalam artikel ini, kita akan memenfaatkan Leaflet untuk pembuatan webgis sederhana. Caranya sangat mudah dan simpel. kegiatan ini  akan dilakukan dengan menggunakan software QuantumGIS yang dapat di unduh di link QGIS.
Untuk memulai kegiatan ini, siapkan suatu peta yang ingin di di tampilakan ke dalam webgis nanti, dengan format Shapefile (SHP) yang sudah memiliki attribut di dalamnya. Dalam contoh ini saya akan menggunakan peta administrasi Kabupaten CIamis, Jawa Barat.
Buka software QGIS, kemudian kita akan mengunduh plugin QGIS2leaf, caranya di dalam menu Plugins, pilih kelola dan instal plugin, cari plugin QGIS2leaf atau cari di dalam search box yang tersedia, kemudian instal plugin tersebut.
2015-11-16_121436
Instal Plugin QGIS2Leaf
Jika sudah, kemudian panggil peta dalam format shp yang sebelumnya sudah di sediakan, dengan menggunakan tools add vector layer yang berada di samping kiri pada tampilan QGIS.
2015-11-16_123330
Add Layer Vector
Cari dan pilih data SHP yang akan di tampilkan ke dalam QGIS, dalam kegiatan ini saya memanggil 4 buah layer SHP yang terdiri dari Administrasi, Danau_situ, Sungai, dan Perhubungan. Tampilanya kurang lebih seperti berikut :
2015-11-20_160051
Adminstrasi Kabupaten Ciamis
Karna dalam contoh ini saya mengunakan peta administrasi, sehingga setiap layer objek di dalam layer adminsitrasi saya beri warna berbeda seperti gambar di atas. Caranya masuk ke properties dari layer Administrasi kemudian di dalam pilihan menu Style atur tampilan dari layer adminstrasi tersebut seperti berikut :
2015-11-20_154459
Style Layer Administrasi
Selanjutnya klik pada tools QGIS2leaf yang sebelumnya sudah di instal. Tampilannya seperti gambar berikut :
2015-11-16_123441
QGIS2leaf
Kemudian di dalam jendela QGIS 2 Leaflet lakukan setingan seperti berikut ini :
2015-11-20_160115
Setting QGIS 2 Leaflet
Tambahkan layer yang berada di dalam layar editing QGIS dengan cara menekan tombol Get Layer. Kemudin select Address search field untuk menambahkan tools search box pada tampilan webgis. Pada kolom Frame pilih Full Screen atau dapat juga menentukan ukuran sesuai keinginan. Visible Layer pilih Show all, dan pada Basemap tentukan basemap yang akan digunakan, dalam contoh ini saya menggunakan basemap OSM Standar (Open Street Maps).
Tentukan tempat penyimpanan di dalam kolom Output. Tambahkan nama halaman web yang dibuat pada kolom Webpage name, lalu tambahkan pula Judul Peta yang ditampilkan pada kolom Webmap Title, dan terakhir tambahkan subtitle dari peta tersebut, lalu klik ok.
2015-11-20_160450
Webgis Peta Adminsitrasi Kabupaten Ciamis
Hasilnya akan seperti gambar di atas, peta Administrasi Kabupaten Ciamis akan tampil di dalam browser dengan latar belakang Open Street Maps dan disertai tools search box. Saat salah satu objek dari peta administrasi di klik, maka akan muncul keterangan dari objek tersebut seperti yang ditunjukan dari gambar di atas.

Untuk lebih jelas, bisa di lihat di video berikut :
Sekian bahasan dengan judul Webgis Sederhana dengan Plugin Leaflet di QGIS. Semoga artikel ini bermanfaat . . .

Wassalamualaikum ‘Wr.Wb

0 komentar:

Post a Comment