VISUALISASI DATA EXCEL DENGAN FITUR 3D MAPS

Leave a Comment
Assalamualaikum Wr.Wb



Microsoft Excel atau Microsoft Office Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation, program ini menjadi bagian kesatuan dari program Microsoft Office. Microsoft Excel digunakan untuk mengolah data secara otomatis yang meliputi perhitungan dasar, penggunaan fungsi-fungsi, pembuatan grafik dan manajemen data. Perangkat ini sangat membantu untuk menyelesaikan permasalahan administratif mulai yang paling sederhana sampai yang lebih kompleks, hal tersebut menjadikan Microsoft Excel sebagai salah satu program komputer yang populer digunakan di seluruh dunia.
Dengan telah diluncurkannya Microsoft Office 2016, dan dengan ditambahnya fitur 3D Maps di dalam program aplikasi Microsoft Excel 2016, memudahkan kita untuk memvisualisasikan data kita yang berhubungan dengan suatu lokasi geografis, ke dalam bentuk Peta 3D, yang menunjukan lokasi dari data tersebut. 
Untuk memulainya, kita harus mempersiapkan suatu data tabel di dalam Ms.Excel yang berisi sedikitnya 1 nilai geografis berupa koordinat Lintang/Bujur, nama Kota, nama Negara/Kawasan, Kode Pos, nama Negara Bagian/Provinsi, atau Alamat. sehingga Bing Maps selaku peta yang akan menjadi tempat kita memvisualisasikan data tabel yang dibuat. dapat membaca nama tabel yang dimaksud. Penambahan negara bagian atau provinsi sangat disarankan untuk memperjelas nama data yang dimaksud apabila terdapat nama yang sama pada daerah yang berbeda.
Dapat juga menggunakan Model Data yang berupa data dari Ms.Acess, Dari Web, Text atau Database relational lain yang berisi beberapa tabel relational, atau dapat juga menggunakan data PivotTable di Excel.
Bagi pembaca yang masih menggunakan Ms.Excel 2013, silahkan download Ads-in Power Map Excel 2013, kemudian instal di Pc anda, lalu ikuti langkah-langkah yang akan di jelaskan pada bahasan ini. (Cara ini hanya berlaku untuk pengguna Ms.Excel 2013 sampai terbaru).
Jalankan Ms.Excel, kemudian buat data tabel dengan contoh seperti berikut :
DATA KEPENDUDUKAN PERPROVINSI DI INDONESIA
Rekap data Jumlah Penduduk Per Provinsi Indonesia tahun 2013
Apabila menggunakan Model Data, cara untuk memanggilnya masuk ke Menu Data, kemudian pilih salah satu metode yang akan digunakan seperti gambar yang diberi kotak merah di bawah ini :
Memanggil Model Data
Memanggil Model Data
Lalu block semua data tabel yang akan digunakan, masuk ke menu insert pilih 3D Maps, dan select Open 3d Maps. Perhatikan gambar berikut :
Open 3d maps
Open 3d Maps
Makan akan terbuka jendela baru dari 3d Map yang menunjukan lokasi dari data tabel yang dimaksud. Pada bilah pengaturan di samping kanan, gunakan pengaturan seperti berikut :
Pengaturan 3d Maps
Pengaturan Data tabel pada 3d Maps
Pada bagian Location, isikan dengan nama field atau kolom yang mempersentasikan lokasi geografis dari data tabel, misalkan Nilai koordinat Lintang/Bujur, nama Kota, nama Negara/Kawasan, Kode Pos, nama Negara Bagian/Provinsi, atau Alamat. Kemudian pada pilihan drop down di samping field yang di pilih, sesuaikan dengan keterangan field yang dimaksud.
Apabila proses di atas dilakukan dengan tepat, maka lokasi geografis yang di maksud akan muncul. Karna kita akan menampilkan data ke dalam bentuk diagram batang, maka pada pilihan Height isikan dengan nama field yang memiliki nilai berbeda di setiap barisnya, Contohnya Jumlah Penduduk atau Jumlah Kota per Provinsi. Dan pada pilihan Category, Pilih data field yang akan dikategorikan berdasarkan warna. Hasilnya Akan seperti berikut :

Model Stacked data Jumlah Kabupaten/Kota
Model Stacked data Jumlah Kabupaten/Kota
Terdapat 5 bentuk tampilan, dari data yang akan ditampilkan, yaitu stacked, clustered, bubble, heat map, dan region. Gambar di atas merupakan bentuk tampilan stacked. 

Model Bubble data Jumlah Kabupaten/Kota
Model Bubble data Jumlah Kabupaten/Kota
Model Heat Map data Jumlah Kabupaten/Kota
Model Heat Map data Jumlah Kabupaten/Kota betuk Flat Map
bing aerial
Kombinasi Model Stacked dan Region dengan background Bing Aerial
Untuk model clustered hampir sama persis dengan model stacked, model tersebut akan terlihat perbedaannya apabila data yang ditampilkan berjumlah banyak. Untuk mengganti tampilan latar belakang, ada di dalam menu Themes, terdapat 12 jenis latar belakang yang dapat digunakan.
Kita juga dapat menampilkan perubahan jumlah data atau isi data yang ditampilkan dari waktu ke waktu, dengan syarat harus ada Bidang tanggal atau waktu pada tabel yang ditampilkan. Minimal diperlukan setidaknya satu bidang tanggal atau waktu per baris data. Untuk hasil terbaik, tempatkan data sementara dalam kolom terpisah, lalu ganti format kolom itu menjadi tanggal atau waktu (Klik kanan sel yang dipilih > Format Cells).

Untuk lebih jelas, bisa langsung tonton video berikut :
Sekian artikel berikut ini, semoga bermanfaat. Tahapan lanjutan mengenai penggunaan fitur 3d Maps di Ms.Excel akan dibahas pada artikel yang akan datang.

Wassalamualaikum Wr.Wb

0 komentar:

Post a Comment