HITUNG LUAS TUTUPAN LAHAN DENGAN ARCGIS DAN EXCEL

Leave a Comment
Assalamualaikum Wr.Wb

Berikut ini akan di sajikan artikel dengan pembahasan cara menghitung luas area pada peta tutupan lahan. Kegiatan ini dilakukan dengan menggunakan software ArcGIS versi 10.1. Sebelumnya kita sediakan terlebih dahulu bahan yang akan di olah, yaitu peta Tutupan Lahan dan Peta Adminstrasi dalam format Shapefile (SHP). Dalam kegiatan ini, daerah yang akan dihitung luas tutupan lahannya adalah wilayah Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.
Peta tutupan lahan bisa diperoleh dari hasil digitasi ulang peta RBI, atau dapat juga mengunduh data tutupan lahan dari situs Ina-Geoportal. Cara untuk mengunduhnya sudah saya bahas pada artikel Download Peta RBI dari Ina-Geoportal.
Tahap pertama dalam kegiatan ini adalah memanggil peta tutupan lahan dan adminsitrasi ke dalam software ArcGIS. Berikut tampilannya :

tutupan lahan
Tutupan Lahan Ciamis
administrasi ciamis
Administrasi Ciamis
Kemudian kita lakuan union atau penggabungan dari layer Tutupan Lahan dan Administrasi. Caranya masuk ke menu Geoprocessing kemudian pilih Union. Isi input dengan layer Tutupan Lahan dan Administrasi, lalu tentukan tempat penyimpanan dari hasil union tersebut.

union
Union
Sebelumnya pastikan salah satu layer dalam kondisi editing. sehingga proses union akan berjalan. Hasil dari proses union tersebut kurang lebih seperti berikut :

hasil union
Hasil Union
Akan terbentuk layer baru dari hasil penggabungan layer Tutupan Lahan dan Administrasi dengan berisi atribut dari kedua layer tersebut dengan nama CIamis_TL. Apabila dari hasil proses union ditemukan beberapa objek layer yang tidak memiliki atribut atau keterangan, berarti objek tersebut merupakan GAP atau celah yang terdapat pada salah satu atau kedua layer Tutupan Lahan dan Admnisitrasi.
Lakukan beberapa editing pada objek GAP tersebut dengan cara me-merge atau menggabungkan dengan objek terdakat yang berada pada daerah administrasi yang sama.
Save layer, kemudian stop editing dari layer Ciamis_TL. Di dalam tabel Ciamis_TL kita buat field baru dengan cara memilih add field pada menu di dalam  tabel.

add field
Add Field
Kemudian beri nama Luas_Ha dengan tipe float, lalu beri precious 9 dan scale 4. (Ha merupakan singkatan dari Hektar. apabila hasil perhitungan ingin dalam satuan yang berbeda, nama bisa disesuaikan). Maka akan terbentuk field baru dari tabel layer Ciamis_TL.
Sebelum memulai proses perhitungan, perhatikan terlebih dahulu sistem proyeksi yang digunakan, apabila proyeksi yang digunakan menggunakan UTM, proses perhitungan dapat langsung di lakukan, tetapi apabila proyeksi yang digunakan proyeksi geografis, maka lakukan transformasi proyeksi terlebih dahulu, atau dapat juga dengan hanya merubah proyeksi pada data frame saja,
select proyeksi
Select Proyeksi
Caranya klik kanan pada layer utama, kemudian pilih properties. pada tab Coordinate System, cari zona UTM dari daerah yang sedang di olah, kemudian select, lalu klik ok.
Selanjutnya aktifkan editing dari layer Ciamis_TL, masuk ke attribut tabel dari layer tersebut. Select pada field Luas_Ha yang baru saja kita buat, kemudian klik kanan pilih Calculate Geometry. Kemudian tentukan perhitungan yang akan dibuat, yaitu Area, dan pada pilihan unit, pilih Hectares (Unit dapat disesuaikan), lali klik ok.
kalkulasi geometri
Calculate Geometry
Maka akan didapatkan hasil luasan dari setiap objek Tutupan Lahan per Kecamatan di Kabupaten CIamis seperti berikut :
hasil kalkulasi
Hasil
Save hasil dari perhitungan tersebut. Kemudian sekarang kita akan membuat rekap luas Tutupaan Lahan dari data tersebut dengan menggunakan Microsoft Excel.
Caranya buka file Ciamis_TL.dbf ke dalam Microsoft Excel, kemudian buat Pivot tabel dari data tersebut dengan cara menselect semua data dengan menggunakan kombinasi Ctrl+A.
select all
Select All
Lalu masuk ke menu Insert, pilih tools PivotTable seperti gambar berikut :
Tools pivot table
Tools PivotTable
Lalu pada jendela create PivotTable pilih ok.
create pivot table
Create PivotTable
Maka hasil akhirnya akan seperti berikut :
Hasil rekap hitung luas
Rekap Luas Tutupan Lahan
Rekap luas Tutupa Lahan per Kecamatan di kabapuaten Ciamis sudah selesai. Perhatikan pada bagian samping kanan dari gambar di atas, terdapat garis merah yang menunjukan letak posisi field pada Pivot Table.
Sekian artikel kali ini, semoga dapat bermanfaat  . . .
(Dilarang mengcopy isi artikel tanpa seizin pembuat)

Wassalamualaikum Wr.Wb

0 komentar:

Post a Comment