DOWNLOAD PETA RBI DARI INA-GEOPORTAL

Leave a Comment
Assalamualaikum Wr.Wb


Ina-Geoportal merupakan portal Geospasial Indonesia yang resmi diluncurkan oleh BIG (Badan Informasi Geospasial) pada tanggal 17 oktober 2011. Ina-Geoportal dibangun dengan partisipasi berbagai kementrian, lembaga, serta pemerintah daerah di indonesia, sebagai bukti apresiasi terhadap kebutuhan data geospasial di tanah air ini. Portal ini merupakan gerbang utama akses informasi geospasial yang menghubungkan berbagai Kementerian, Lembaga, Provinsi, dan Daerah yang menjadi mitra penghubung simpul Jaringan Data Spasial Nasional (JDSN).
Dengan adanya Ina-Geoportal ini telah menjawab berbagai permasalahan akibat perbedaan data tentang wilayah yang menjadi dasar berbagai pengambilan keputusan serta untuk mengkonsolidasi data dan informasi geospasial indonesia dalam satu platform yang terintegrasi.
Website resmi Ina-Geoportal dapat di akses di tanahair.indonesia.go.id atau dapat langsung mengakses portalnya di portal.ina-sdi.or.id. Data dari Ina-Geoportal dapat di unduh dengan gratis bagi masyarakat umum maupun bagi instansi lainnya.
Silahkan buka portalnya, kemudian masuk pada menu Download Peta.
Ina-Geoportal
Ina-Geoportal
Pada menu Download Peta, pilih jenis data yang di inginkan, dalam contoh ini, data yang di pilih adalah Peta Penutupan Lahan Skala 1:25.000. 
Pengisian Data Ina-Geoportal
Pengisian Data Ina-Geoportal
Setelah memilih jenis data yang di inginkan, anda akan di minta untuk memasukan nama, email, serta memilih kategori jenis pengguna. Seperti gambar di atas.
Memilih area Ina-Geoportal
Tampilan Untuk Memilih Area
Gambar di atas merupakan tampilan layar Ina-Geoportal untuk memilih area yang akan di unduh. Pada tampilan layer peta yang tersedia, terdapat kotak/Frame yang menutupi sebagian wilayah pada peta, hal tersebut menunjukan bahwa area tersebut sudah tersedia datanya, sedangkan untuk wilayah yang tidak terdapat kotak/Frame berarti data dari wilayah tersebut belum tersedia atau wilayah tersebut tersedia namun bukan dalam ukuran skala 1:25.000. Dan pada samping kanan layar Ina-Geoportal terdapat beberapa komponen atau satuan layer dari peta Tutupan Lahan yang akan di unduh.
Untuk memilih area dapat dilakukan dengan melakukan zoom pada area yang di inginkan, kemudian drag dengan menggunakan Rectangle, Polygon, atau dengan Freehand. Kurang lebih seperti gambar berikut :
Drag Area
Drag Area
Daerah yang dipilih dapat langsung di unduh dengan berbagai format, seperti SHP, GDB, DXF, DWG, dan DGN. Ukuran area yang di pilih, menentukan besaran data yang di unduh. Dalam contoh ini, data di unduh dalam format SHP (Shapefile), Untuk memulai proses unduh, klik pada pilihan Proses Data.
Hasil di dalam ArcGIS
Hasil di dalam ArcGIS
Setelah data di unduh kemudian di tampilkan di dalam software ArcGIS, kurang lebih hasilnya seperti gambar di atas. Selanjutnya layer-layer penyusun peta tersebut bisa di susun dengan benar dan di buat layoutnya.
Peta dapat di unduh juga melalui website tanahair.indonesia.go.id cara nya sama seperti penjelasan di atas. Lebih jelasnya seperti berikut :
Cara Unduh Peta RBI
Cara Unduh Peta RBI
Sekian artikel dengan judul Download Peta RBI dari Ina-Geoportal. Semoga Bermanfaat . . .

Wassalamualaikum Wr.Wb

0 komentar:

Post a Comment