SNI PENYUSUNAN PETA GEOLOGI KUARTER

Leave a Comment
Assalamualaikum Wr.Wb

Berikut ini akan diuraikan Standar Nasional Indonesia (SNI) peta Geologi Kuarter yang dibakukan menurut buku Standar Nasional Indonesia, SNI 13-4727-1998 tentang Penyusunan Peta Geologi Kuarter, yang diterbitkan oleh lembaga Badan Standarisasi Nasional (BSN).

1. Ukuran Lembar Peta Geologi Kuarter
Ukuran dan Koordinat lembar peta kuarter mengacu kepada SK Ketua Bakosurtanal No. 019.2.2/1/1975 tentang Peta Rupa Bumi dan disempurnakan lagi melalui SK nomor : HK.02.04/II/KA/96 tentang Datum Geodesi Nasional 1995 (DGN 95).
  • Peta Skala 1 : 25.000 berukuran 7.5’ x 7.5’ dengan grid 15’’ x 15’’
  • Peta Skala 1 : 50.000 berukuran 15’ x 15’ dengan grid 30’’ x 30’’
  • Peta untuk skala besar khusus menggunakan peta rupabumi berukuran sesuai degan kebutuhan.
Ukuran kertas diperhitungkan dengan menambah informasi tepi peta dengan tata letak yang telah dibakukan.

2. Tata Letak

Tata Letak Peta Geologi Kuarter
Tata Letak Peta Geologi Kuarter
Keterangan layout dari gambar di atas sebagai berikut :
  1. Peta Geologi Kuarter
  2. Instansi Penerbit
  3. Nama Lembar/Daerah
  4. Stratigrafi
  5. Keterangan Peta
  6. Lokasi Indeks Peta
  7. Lokasi Indeks Pengeboran
  8. Penampang
  9. Penampang Ideal
  10. Informasi/Peta Tambahan
  11. PemetaPenelaah
Penempatan unsur-unsur yang terkandung pada gambar di atas, dapat di sesuaikan dengan tampilan peta yang dikehendaki.

3. Simbol / Singkatan Huruf
Merupakan tanda ynag dipakai untuk menggambarkan informasi geologi kuarter berupa singkatan huruf. corak, warna atau gabungannya.
  • Pengambilan huruf pertama (Huruf Kapital) dari istilah inggris untuk menyatakan satuan lingkungan pengendapan. Seandainya sudah digunakan, gunakan huruf keduanya, Contoh : Lingkungan dataran banjir (Flood Plain), disingkat F. Lingkungan kipas Aluvial (Aluvial Fans) disingkat A, dan seterusnya.
  • Urutan kejadian pengendapan kuarter merupakan rentetan penamaan endapan yang ada, mulai dari paling atas (Muda) sampai paling bawah (Tua). Contoh : F,C = endapan dataran banjir diatas endapan sungai.
  • Penulisan singkatan huruf pada peta geologi kuarter disusun dari gabungan litologi, lingkungan pengendapan dan sub-lingkungan pengendapan.
  • Simbol karakter pertama, menyatakan singkatan nama jenis endapan (satu atau dua huruf kecil), misalnya endapan pasir disingkat "s", endapan lempung disindkat "c", endapan lempung pasiran disingkat "sc".
  • Simbol karakter kedua dan ketiga, menunjukan nama lingkungan pengendapan, Contoh : endapan pasir (s), yang terbentuk pada lingkungan sungai (c), dengan sub lingkungan sungai teranyam (br), disimbolkan sebagai "sCbr".
  • Jika dikaitkan dengan urutan kejadian, maka simbolisasi dapat ditulis seperti contoh : "cFtb, sCbc" untuk meyimbolkan endapan lempung yang terbentuk pada cekungan banjur (cFtb) menutupi endapan pasir yang terbentuk pada alur sungai teranyam (sCbc).
4. Tata Warna dan Corak
Warna digunakan untuk membedakan satuan lingkungan pengendapan dalam satuan peta geologi kuarter. Warna yang dipilih berdasarkan jenis endapan dan dikombinasikan dengan lingkungan pengendapan secara tegek (urutan kejadian) dan mendatar (lingkungan).
  • Warna dasar yang digunakan adalah Kuning (Yellow)Merah (Magenta) dan Biru (Cyanida) atau dikenal dengan kombinasi warna YMC. Warna tersebut dikodekan berdasarkan persentasinya, misalkan kode warna 013 berarti kombinasi dari 0% Yellow, 10% Magenta dan 30% Cyanida.
  • Kode warna 100% dinyatakan dengan kode x.
  • Warna digunakan untuk membedakan satuan peta kecuali batuan dasar berwarna merah (00x).
  • Warna dasar satuan lingkungan penendapan yang disarankan : kipas aluvial (750), sungai (510), dataran banjir (x0x), danau (705), delta (30x), parit muara (303), pantai/laut dangkal (10x), evaporit/karbonat (175).
Untuk istlah, rincian simbol dan lain-lain dapat dilihat pada buku SNI 13-4727-1998 tentang Penyusunan Peta Geologi Kuarter. Baca juga SNI Penyusunan Peta Geologi Sistematik dan SNI Penyusunan Peta Hidrogeologi.
Semoga artikel ini dapat bermanfaat . . .
(Sumber : Buku Perpustakaan Kampus AGP,Bandung)

Wassalamualaikum Wr.Wb

0 komentar:

Post a Comment