REGISTRASI RASTER DI GLOBAL MAPPER

2 comments
Assalamualaikum Wr.Wb

Global Mapper merupakan software berbasis SIG yang berguna untuk menampilkan berbagai macam format data dan mengolah serta melakukan beberapa analisa dari data tersebut. Global Mapper cenderung lebih banyak digunakan untuk menampilkan data dari format lain kemudian mengkonversi data tersebut menjadi format lain yang di inginkan.
Berikut ini saya akan memberikan contoh cara melakukan registrasi raster di dalam software Global Mapper. Dalam kegiatan ini, digunakan Global Mapper Versi 15.
Pertama siapkan sebuah peta yang akan di registrasi atau georeferencing. Kemudian panggil peta ke dalam software Global Mapper dengan cara menekan tools Open Data Files yang terdapat pada toolbar atau dengan menggunakan kombinasi Ctrl+O pada keyboard. Pada jendela baru yang muncul, masuk ke tempat penyimpanan peta yang akan diregistrasi, kemudian select peta tersebut, Klik Open.
Dalam kegiatan ini peta yang digunakan adalah Peta Geologi Lembar Pekanbaru, Sumatera dengan kode peta 0816. Pada dialog yang muncul, pilih Yes To All.
aa
Tampilan Awal Peta di dalam Jendela Registrasi Global Mapper
Gambar di atas merupakan tampilan peta yang aan diregistrasi di dalam software Global Mapper. Untuk memulai pemberian titik control pada peta, tentukan terlebih dahulu sistem proyeksi yang akan digunakan, dengan menekan pilihan select projection. Dalam kegiatan ini digunakan sistem proyeksi Geografis Longitude/Latitude, dengan datum World Geodetic System 1984 (WGS 84).
Untuk memulai pemberian titik control, Zoom peta pada tampilan Entire Image atau Zoomed View ke area yang terdapat persilangan garis lintang dan garis bujur di dalam peta.

Pada contoh ini, peta memiliki 2 sistem grid, yaitu Grid UTM dan Grid Geografis dalam bentuk Degree Minutes Second (DMS).

Tempatkan cursor di area persilangan garis lintang dan bujur dari grid Geografis, kemudian klik tepat di tengan-tengan garis persilangan tersebut. Maka akan terbentuk suatu titik di area itu, dan akan tampak nilai pada kolom Pixel X dan Pixel Y pada Ground Control Point di bagian bawah kiri jendela registrasi. Itu menujukan lokasi titik di tampilan layer. 
Kemudian masukan koordinat Lintang dan bujur dari titik tersebut dengan mengisi pada Kolom X Untuk Koordinat Bujur, dan Kolom Y untuk Koordinat Lintang. Isikan dengan nilai koordinat berupa Degree Decimal. Gunakan tanda minus (-) untuk koordinat yang berada di selatan atau barat. kemudian klik Add Point to List.
Buat lagi 3 titik Control dengan cara yang sama dengan cara di atas. Setelah semua titik Control di buat dengan baik dan benar, hasilnya seperti berikut ini :
bbbb
Hasil Pemberian Titik Control Pada Peta 
Dari gambar di atas terlihat terdapat empat buah Titik Control yang sudah dibuat dan menghasilkan nilai Error 0. Semakin kecil nilai Error yang muncul, maka semakin dapat dipercaya peta tersebut. Klik Apply kemudian Ok.
ccccc
Tampilan PetaYang Sudah Di registrasi di Dalam Global Mapper 
Hasilnya akan seperti gambar di atas. Peta hasil registrasi yang di tampilkan di dalam software Global Mapper sudah siap diolah atau di digitasi.
Sekian artikel kali ini, Baca juga artikel serupa GEOREFERENCING DI ARCGIS, dan REGISTRASI RASTER DI MAPINFO.
Semoga Bermanfaat . . .

Wassalamualaikum Wr.Wb

2 comments: