DOWNLOAD DATA BATIMETRI DARI GEBCO

Leave a Comment
Assalamualaikum Wr.Wb

Dalam artikel ini akan dijelaskan cara untuk mendownload data batimetri dari GEBCO. GEBCO (The General Bathymetric Chartof the Oceans) merupakan suatu grup skala internasional, yang berisikan para ahli yang bekerja di bidang data set batimetri dan data produk. Data yang disediakan mencakup skala global, dan dapat diperoleh dengan gratis.
Data batimetri yang disediakan oleh GEBCO memiliki resolusi 30 Arc-Second atau kurang lebih 1 kilometer. Sampai artikel ini dibuat, data terbaru yang tersedia adalah data tahun 2014. Untuk memulai mengunduh data batimetri, silahkan kunjungi GEBCO Bathymetri. Setelah masuk, anda harus membuat akun terlebih dahulu dengan cara memilih pilihan register. Setelah akun anda terdaftar, maka kita siap untuk mengunduh data batimetri.
Di tampilan website dari link di atas, terdapat tampilan suatu peta digital global tampak seperti gambar berikut :
global batimetri
Global Bathymetri Gebco
Terdapat tiga pilihan download, yaitu :
- GEBCO_2014 Grid (30 arc-second interval)
- GEBCO_2014 Source Indentifier (SID) Grid (30 arc-second interval)
- GEBCO One Minute Grid (1 arc-minute interval)

Pilih pilihan GEBCO_2014 Grid (30 arc-second interval), di dalamnya terdapat pilihan format data yang dihasilkan, diantaranya 2D netCDF (Cakupan global dan daerah pilihan), 1D netCDF (Cakupan Global), INT16 GeoTIFF (Cakupan Daerah Pilihan), dan ESRI ASCII (Cakupan daerah pilihan).
netCDF (Network Common Data Form), merupakan format data yang dirancang oleh Unidata Program Centre di Boulder, Amerika Serikat. Formai ini banyak dipakai untuk menyimpan data ilmiah khususnya data iklim, karena data dengan format ini tak tergantung pada jenis mesin komputer yang digunakan. Data ini dapat digunakan dalam berbagai macam sistem operasi.
Apabila data yang di inginkan hanyalah wilayah tertentu saja, maka anda dapat memilih pilihan 2D netCDF, INT16 GeoTIFF atau ESRI ASCII. Ketiga output data tersebut berukuran relatif kecil meskipun cakupan wilayah yang diunduh cukup luas.
Sebelumnya anda harus menandai terlebih dahulu wilayah yang akan di unduh data batimetri nya dengan cara memasukan koordianat pembatas area tersebut ke dalam kolom yang sudah tersedia, atau dengan cara zoom ke area yang dimaksud di dalam peta digital batimetri, kemudian tekan kombinasi tombol Shift+Klik Kiri pada mouse lalu Drag. Contohnya seperti berikut :
Drag Area
Pulau Bali
Setelah memilih area, kemudia pilih format data yang akan di unduh.
Format Data
Format Data Output
Dalam contoh di atas, format data yang dipilih adalah 2D netCDF dan ESRI ASCII. Jika sudah pilih Add data to basket, kemudian pilih View basket. 
Anda akan diminta untuk memasukan kembali email dan password akun GEBCO anda, dan masukan alasan serta perusahaan tempat anda bekerja (isikan bebas semau anda).
Di dalam tampilan request status, pilih recheckout your request. kemudian pilih Refresh. maka akan muncul data yang anda pesan tadi.
data pesanan
Data Batimetri
Klik download untuk mengunduh data tersebut. Data tersebut dapat langsung di buka dengan mengunakan software Global Mapper atau ArcGIS. Data format .nc (netCDF) yang di buka di global mapper, hasilnya seperti berikut :
Batimetri bali
Data batimetri di Global Mapper
Semoga artikel ini dapat bemanfaat. Selanjutnya akan dibahas cara mengolah data batimetri 1D netCDF dengan mengunakan software GridViewer.

Wassalamualaikum Wr.Wb

0 komentar:

Post a Comment