DATA SHP (SHAPEFILE) SELURUH INDONESIA

Leave a Comment
Assalamualaikum Wr.Wb

Data berikut ini merupakan data yang menunjukan suatu objek di permukaan bumi seperti bentuk pulau, batas administrasi, sungai, jalan, dll. Dalam bahasan ini akan diberikan suatu data berformat SHP (ArcGIS) yang dapat di unduh dengan gratis. Untuk mengunduh data format SHP dapat mengunjungi link berikut :
Dari link di atas merupakan link penyedia data format SHP yang mencakup wilayah global. Secara singkat pengertian dari data yang disediakan oleh situs di atas adalah sebagai berikut:
  1. DIVA-GIS menyediakan 8 macam data yang bisa diunduh, diantaranya : Administrative areas, Inland water, Roads, Railroads, Elevation, Land cover, Population, and Gazetteer. Untuk menggunduh data dari DIVA-GIS cukup memasukan negara tujuan yang akan di unduh data Shp nya, kemudian pilih jenis data yang di inginkan.
  2. GADM merupakan situs yang menyediakan data batas administrasi dalam format Shp, Esri Geodatabse, Kmz, dan lain sebagainya yang hampir mencakup seluruh negara.
  3. GEOFABRIK berisikan data dari OpenStreetMaps (OSM), terdapat beberapa macam format data yang dapat dipilih. Data OSM sendiri merupakan data yang dihasilkan oleh masyarakat umum yang melakukan pengukuran atau survey dengan menggunakan alat-alat SIG seperti GPS, dan kemudian data tersebut di unggah di webgis OSM oleh orang-orang yang telah terdaftar sebagai anggota. Sehingga data dari OSM selalu diperbaharui setiap saat.
  4. OSM Boundaries pada dasarnya sama dengan GEOFABRIK, karena masih merupakan produk dari OSM (Open Street Map), akan tetapi di dalam situs ini, kita dapat mengunduh data adminsitrasi dalam tingkatan yang berbeda. Kita dapat menentukan cakupan area yang akan di unduh berdasarkan pilihan daerah yang sudah tersedia, mulai dari administrasi negara, provinsi, kabupaten, kecamatan, desa, bahkan cakupan wilayah per RT. Akan tetapi batas administrasi yang tersedia tidak seluruhnya ada. Tergantung ada tidaknya anggota OSM yang membuat datanya.
Dan apabila membutuhkan data Shp hasil dari pengolahan atau dgitasi ulang peta RBI (Rupabumi Indonesia) yang dikembangkan oleh Bakosurtanal, maka dapat mengunjungi link berikut :
Data shp tersebut berisikan informasi yang bersumber dari peta RBI seluruh Indonesia yang di digitasi ulang dengan menggunakan software MapInfo (Format TAB), kemudian dikonversi Menjadi format Shp (ArcGIS). Isi dari data tersebut sesuai dengan kenampakan di sumber peta yang di digitasi, dan terdapat beberapa  objek yang sudah diperbaharui isinya, seperti terdapat kabupaten dan provinsi baru serta beberapa objek lainnya.
Dari data tersebut masih terdapat beberapa objek yang mengalami Overlay, Gap, ataupun Intersection, sehingga dianjurkan untuk mengecek kembali data tersebut sebelum digunakan. Serta lakukan transformasi data Shp Ke Format Shp yang baru, hal tersebut dilakukan untuk menghindari terjadinya error pada data Shp awal. Hal itu disebabkan data tersebut merupakan data hasil konversi dari data format lain, karna data yang dikonversi dari format lain tidak akan 100% aman, masih ada kemungkinan akan terjadinya error. Biasanya error tersebut berasal dari data tabel yang memiliki nilai kosong dari data Shp tersebut.
Atau dapat juga mengunduh Peta Dasar Indonesia yang sudah berisi sekumpulan data Shp, dan disimpan dalam format MXD. Berikut tampilannya :
peta dasar indonesia
Peta Indonesia Format SHP
Gambar di atas merupakan tampilan Peta Dasar Indonesia, yang berisi berbagai layer penyusun dengan format Shp. Diantaranya sungai, jalan, perbatasan, kota, batimetri, dll
Berikut link unduhnya : Peta Dasar Indonesia.rar
Semoga dapat bermanfaat . . .

Wassalamualaikum Wr.Wb

0 komentar:

Post a Comment