DOWNLOAD DATA BATIMETRI

Leave a Comment
Assalamualaikum Wr.Wb

Batimetri adalah ilmu yang mempelajari kedalaman di bawah air dan studi tentang tiga dimensi lantai samudra atau danau. Sebuah peta batimetri umumnya menampilkan relief lantai atau dataran dengan garis-garis kontur yang disebut kontur kedalaman (depth contours atau isobath), dan dapat memiliki informasi tambahan berupa informasi navigasi permukaan.
Di Indonesia badan resmi yang khusus menangani pembuatan peta batimetri adalah Dinas Hidro Oseonografi (Dishidros) TNI AL. Tidak seperti peta topografi atau geologi yang banyak beredar dan dapat dengan cukup mudah di dapatkan tanpa melalui prosedur yang berkepanjangan, data Batimetri hanya bisa didapatkan dengan menguhubungi langsung pihak Dishidros TNI AL dan mengikuti beberapa prosedur yang cukup panjang, sehingga dapat membingungkan bagi masyarakat umum.
Akan tetapi data batimetri sekarang sudah bisa di dapatkan dengan mudah, Pusat Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Laut dan Pesisir (P3SDLP) DKI Jakarta, telah menyediakan data batimetri laut indonesia yang dapat di unduh secara gratis. Untuk mengunduh data batimetri silahkan kunjungi link berikut : P3SDLP
Data batimetri dari P3SDLP berformat ASCII Text, yang berisi nilai X,Y,Z. Untuk mengkonversi menjadi format DEM Buka data tersebut dengan menggunakan software ArcGIS, caranya dengan masuk ke ArcToolsBox>Conversion Tools>To Raster>ASCII to Raster. Atau dapat juga menggunakan software Global Mapper, caranya dapat di lihat di ASCII TEXT FILE TO DEM MENGGUNAKAN GLOBAL MAPPER.
Selain dari sumber di atas, data batimetri juga dapat diperoleh di ETOPO1 resolusi 1 menit (2 kilometer) dan GEBCO resolusi 30 detik (1 Kilometer). Kedua data tersebut mencakup wilayah secara global, dan untuk mendapatkan data batimetri dari kedua situs tersebut, diharuskan membuat akun terlebih dahulu.
Sekian artikel berikut ini, semoga bermanfaat . . .
(Sumber : id.wikipedia.org, oseanografi.blogspot.co.id )

Wassalamualaikum Wr.Wb

0 komentar:

Post a Comment