SELECT QUERY OBJEK YANG MEMILIKI KETERANGAN SAMA DI MAPINFO

Leave a Comment
Assalamualaikum Wr.Wb

Melanjutkan postingan tentang membuat ekspresi pada Mapinfo, bahasan kali ini akan mencontohkan proses select query objek yang memiliki nama atau keterangan sama. Untuk melakukan select suatu objek dengan nama keterangan yang sama sebenarnya sangat mudah cukup select objek yang dimaksud kemudian tekan tombol Shift dan pilih objek lainnya yang memiliki nama keterangan yang sama, akan tetapi cara tersebut tidak akan efektif apabila objek yang akan di select berjumlah ratusan atau bahkan ribuan.
Untuk mengatasi hal tersebut kita dapat melakukanya di Select Query pada menu Query di Mapinfo. Berikut contoh pada bahasan ini. Terdapat layer yang berisikan objek kecamatan di pulau bali, Jawa dan sumatra lengkap dengan keterangan nya.
SATU
Tampilan Layer Di Mapinfo
Perhatikan gambar di atas. Pada bagian browser layer BaliJawaSumatra terdapat ketangan dari setiap objek pada windows map. Apabila kita ingin menggabungkan objek kecamatan yang berasal dari Kabupaten Tapanuli Selatan saja, maka kita harus melakukan select objek yang berasal dari kabupaten tersebut. Karena objek yang akan di pilih cukup banyak maka kita akan menggunakan Tools Select pada menu Query. Untuk memilih objek pada suatu layer, kita dapat menggunakan tools pada Query select yang terdiri dari :
  • Select = Untuk memilih objek suatu layer berdasarkan data tabular objek pada layer tersebut dengan menggunakan Rumus Query.
  • SQL Select = Memiliki fungsi sama seperti tools select, akan tetapi terdapat lebih bayak pilihan untuk memasukan rumus Query.
  •  Select All = Untuk memilih semua objek pada layer yang ditampilkan.
Untuk mengetahui rumus-rumus Query dapat di lihat di postingan Membuat Ekspresi Di Mapinfo.
Select Query
Select Query
Gambar di atas merupakan tampilan dari Tools Select pada Menu Query.
Pada Select Records from Table pilih nama Layer yang akan di Select Query. Kemudian pada that Satisfy klik Assist. Pilih nama Field/Kolom yang akan kita Select pada Pilhan Columns, lalu masukan operator = “” di dalam tanda kutip isikna dengan nama keterangan dari Kolom yang dipilih yang akan kita Select Query. Untuk Lebih jelasnya perhatikan gambar di atas.
Seletah proses Select selesai maka akan muncul browser baru dari objek yang hanya memiliki nama ketarangan kabupaten Tapanuli Selatan.
TApanuli
Browser hasil Select Query
Ketika data tabular dari objek di select maka objek pada Windows Map juga akan terselect begitu juga sebaliknya.
Selatan
Objek dan Browser yang Memiliki Keterangan Kabupaten Tapanuli Selatan
Selanjutnya kita akan gabungkan objek kecamatan yang telah terselect menjadi satu objek tunggal dengan keterangan Kabupaten Tapanuli Selatan.
Pastikan layer yang akan kita gabungkan objek nya telah dalam kondisi editing. Kemudian masuk pada menu objek dan pilih Combine.
Pada nama file/kolom yang sudah tidak di butuhkan, ganti aggregation method nya menjadi Blank, kemudian ganti Menjadi Value apabila kita akan memberi nilai/ keterangan yang sama pada semua objek yang gabungkan.
Combine
Data Aggregation Layer yang akan di Combine
Setelah di Combine maka tampilan Browser dari Layer yang tadi kita gabungkan objeknya akan seperti gambar di bawah ini.
Hasil COmbine
Setelah Proses Combine
Terdapat garis hitam pada tabel Browser layer tersebut, itu disebabkan karena kita melakukan Combine pada objek di Layer tersebut. Untuk menghilangkan garis tersebut kita cukup masuk pada menu Table→Maintenance→Pack Table.
Pack Table
Pack Table
Pilih Nama Layer yang akan Kita perbaiki, kemudian select pada bagian Pack Both Types of Data, klik Ok.
Pilih save apabila muncul peringatan untuk menyimpan hasil editan pada layer.
Layer akan hilang dari Windows Map, coba munculkan kembali layer yang barusan kemudian buka Browser layer tersebut, kemudian seret kebagian paling bawah, terdapat keterangan yang dengan nama kabupaten Tapanuli Selatan hasil dari penggabungan tadi.
Tampilan Akhir
Tampilan Akhir
Sekian bahasan kali ini, untuk bahasan Select Query lainnya akan di bahas pada postingan selanjutnya.
Semoga Bermanfaat . . .

Wassalaualaikum Wr.Wb

0 komentar:

Post a Comment