MENGISI ATTRIBUT PADA LAYER EDITING DI MAPINFO

Leave a Comment
Assalamualaikum Wr.Wb

Suatu layer hasil editing dibuat untuk mepersentasikan atau menggambarkan suatu objek hasil digitasi yang berisikan simbol-simbol dan juga attribut/keterangan dari layer tersebut.
Dalam Contoh ni saya mempunyai suatu layer format Tab hasil digitasi dari peta provinsi bali keluaran bakosurtanal tahun 2002. Akan tetapi objek pada setiap layer tersebut masih belum memiliki attribut nya masing-masing.
layer awal
Tampilan Awal Layer
Untuk memberikan attribut pada layer tersebut, hal yang pertama di lakukan adalah mengecek/memberikan field tambahan, dan mengganti nama filed terebut sesuai dengan keterangan yang ingin di tampilkan.
Masuk ke menu Table→Maintenance→Table Structure 
tabel struktur
Table Struktur
Pilih nama layer yang akan diedit field nya. DI sini kita pilih layer Bali_Kabupaten, Klik Ok
field awal
Tampilan Awal Tabel Struktur
Terdapat satu field bernama Bali_kabupaten, Ganti nama field tersebut dengan nama Kabupaten, kemudian Klik add Field di samping kanan. Tambahkan dua field lagi dan beri nama Provinsi Dan Sumber. (Field tersebut berguna sebagai Judul Kolom pada tabel attribut layer yang akan kita isi). Pada Type pilih Caracter, apabila isi keterangan berupa teks. Dan pada Width isikan batas panjang karakter. Sedangkan pada bagian Projection isikan dengan sistem proyeksi dan datum yang digunakan. Atau biarkan saja apabila proses editing dilakukan pada layer yang sudah memiliki sistem proyeksi, karna proyeksi akan terisi otomatis. Klik Ok Jika sudah.
akhir struktur
Tampilan Setelah Penambahan Field
Layer Akan hilang dari Windows Map. Munculkan kembali layernya dengan cara mengklik tanda plus warna hijau di sebelah kiri atas pada layer control. Kemudian pilih nama layer yang akan dimunculkan kembali. Klik Ok.
files
Add Files
Untuk memulai pengisian attribut pada layer, pertama masuk ke menu Windows, Pilih Windows New Browser. Kemudian pilih nama layer yang akan dimunculkan tabelnya.
browser
Memilih Layer Windows Browser
Akan muncul tebel attribut dari layer yang tadi kita pilih. Dapat dilihat isi pada tabel masih kosong. Untuk mengisinya dapat dilakukan langsung di dalam tabel tersebut.
tabel
Tabel Attribut di Windows Browser
Ketika kita memilih salah satu objek pada windows map, maka sala satu baris di dalam tabel layer tersebut juga akan ikut terpilih, begitu juga sebaliknya.
Setelah kita memilih salah satu baris, lihat objek mana yang terpilih di windows map, dan beri nama sesuai dengan objek yang terpilih.
browser2
Table dan Objek
Atau dapat juga dilakukan langsung di Windows Map dengan menggunakan tools Info pada menu tools bar.
info tools
Pengisian Info Tool
Isikan attribut sesuai dengan objek yang di pilih. Jika semuanya sudah, maka tampilan pada tabel browser akan seperti ini.
gagdgdgsds
Tabel dan WIndows setelah diisi Atribut
Apabila ingin attribut yang lebih lengkap, dapat di tambahkan kembali Field lainnya, misalkan Field : Luas, Panjang, Longitude, Latitude, dll
Untuk memunculkan label pada Objek dari attribut yang barusan kita isi, caranya pada layer control, select nama layer yang akan kita beri label, kemudian pilih Layer Properties yang terdapat di Tengah atas pada layer control.
Masuk ke menu Label display pada Layer Properties. Pada Label With, pilih Kabupaten, pada Label Line pilih None.
trrnrnrtnr
Menu Label Display
Pada menu Label Rules, pilih posisi teks label akan ditempatkan. Lakukan perubahan-perubahan lainnya seuai dengan yang di inginkan.
yyyyyyy
Menu Label Rules
Apabila semua tahapanya telah diikuti, maka tampilan layer di Windows Map akan seperti ini.
dssdvsvsv
Objek Layer Setelah diberi Label
Objek pada Layer Bali_kabupaten sudah mempunyai Label tersendiri.
Semoga Bermanfaat . . . 

Wassalamualaikum Wr.Wb

0 komentar:

Post a Comment