MEMBUAT GRID INDEX DI ARCGIS

Leave a Comment
Assalamualaikum Wr.Wb

Postingan ini akan membahas cara pembuatan grid index dari suatu wilayah berformat shapefile dengan menggunakan software ArcGIS version 10.1
Berikut ini adalah tampilan shapefile wilayah kabupaten Ciamis, Jawa Barat yang akan kita buat grid index nya.
Area Yang Akan Dibuat Grid Index
Area Yang Akan Dibuat Grid Index
Sebelumnya pastikan sistem koordinat yang digunakan adalah UTM. Apabila bukan UTM bisa di ganti dengan menggunakan salah satu tools Project  and Tranformation di Arctoolbox. Hal lain yang harus diperhatikan adalah skala peta yang ingin kita buat index nya. Di sini saya menggunakan Kertas Ukuran A3 Landscape dengan skala 1:250.000 .
Tampilan Di Dalam Layout View
Tampilan Di Dalam Layout View
Tampilan di atas merupakan tampilan peta di layout dengan ukuran kertas yang di sebutkan tadi. Hitung pajang dan lebar dari frame peta tersebut (tidak termasuk frame untuk legenda). Ukuran frame dapat disesuaikan agar pas dengan ukuran objek peta. Dalam contoh ini ukuran panjang dan lebar frame nya adalah 6,9 cm x 6,3 cm . Kemudian kalikan ukuran tersebut dengan besar skala peta.
Panjang 6,9 x 250.000 = 17250 meter
Lebar 6,3 x 250.000 = 15750 meter
Hasil ini untuk dimasukan kedalam ukuran grid index nanti.
Untuk membuat Grid index , masuk ke Arctoolbox→Cartography tools→Data Driven Pages→Grid Index Features. Untuk lebih jelas perhatikan gambar di bawah ini.
Grid Index Fratures
Grid Index Fratures
Akan muncul jendela baru untuk pengaturan Pembuatan Grid Index. Isi Output dengan lokasi penyimpanan grid index dan nama file shp nya. Kolom input di isi dengan wilayah yang akan kita buat grid index nya.
Pengaturan Grid Index Features
Pengaturan Grid Index Features
Kemudian Scroll ke bawah, maka akan menemukan tampilan seperti berikut ini.
Pengaturan Grid Index Features 2
Pengaturan Grid Index Features
Ubah Unit menjadi meter. Isi polygon Width dan height dengan hasil perhitungan di atas. Setelah di isi maka Number of Rows dan Columns akan terisi otomatis. Apabila ingin membuat index berdasarkan skala , ceklis box Use Page Unit and Scale.
Grid Index
Grid Index
Setalah melakukan tahapan di atas, seharusnya akan muncul sebuah polygon yang menutupi seluruh area yang akan di beri Grid Index. Ganti symbology area yang menutupi tersebut menjadi Hollow, sehingga akan terlihat seperti tampilan di atas.
Selanjutnya untuk menampilkan wilayah tersebut berdasarkan lokasi pada Index, akan di bahas di artikel Membuat MapBook di ArcGIS.
Semoga Bermanfaat . . .
Dilarang mengcopy paste tanpa mencantumkan sumber nya (Blog ini).

Wassalamualaikum Wr.Wb

0 komentar:

Post a Comment