MEMBUAT EKSPRESI DI MAPINFO

Leave a Comment
Assalamualaikum Wr.Wb

Postingan pertama di bulan puasa akan membahas cara membuat ekspresi di software mapinfo. Ekspresi adalah formula atau perintah melakukan suatu action. Misalnya kita meminta Mapinfo untuk menandai daerah yang kepadatan penduduknya lebih dari 5.000 jiwa per km2. Contoh lain kita ingin mengetahui berapa jumlah objek wisata di kota Bandung. Untuk memperoleh informasi-informasi tersebut kita harus menyusun suatu ekspresi dengan bahasa yang dimengerti oleh MapInfo
Ekspresi banyak digunakan pada perintah Select atau SQL Select untuk memilih data tertentu sesuai dengan kriteria yang di tentukan pada ekspresi. Di samping itu ekspresi juga sering digunakan pada perintah Update Colom untuk mengisi nilai pada suatu kolom atau field.
Sebuah ekspresi dapat terdiri dari satu atau beberapa Kolom, konstanta, operator, atau fungsi. Beberapa contoh Ekspresi disajikan pada tabel berikut ini.

 1.Konstanta
Konstanta dalam ekspresi merupakan nilai tertentu, ia dapat berupa karakter string, angka atau tanggal. Aturan penulisan konstanta diuraikan dalam tabel di bawah ini.
Tabel 1.1 Macam dan aturan penulisan konstanta
konstantaa
2.Operator
Operator merupakan tanda kalkulasi dari suatu ekspresi. Mapinfo membagi operator menjadi 5 bagian, yaitu operator matematika, string, perbandingan, logika, dan geografi.

2.1 Operator Matematika
Operator matematika adalah operator aritmatika dasar. Macam-macam  operator matematika, penjelasan dan contohnya disajikan pada tabel berikut ini.
Tabel 2.1 Macam-macam operator matematika
matematika
Penambahan atau pengurangan data bertipe tanggal dengan angka akan menghasilkan
tanggal. Sedangkan pengurangan dua data bertipe tanggal menghasilkan angka (numerik).

2.2 Operator String
Operator string adalah + (plus) atau (ampersand). Misalnya “Selamat” + “Menunaikan Puasa” akan menghasilkan kata “Selmat Menunaikan Puasa”. Contoh lain, “Kabupaten “ + Nama_Kab, artinya di depan nama kabupaten pada field Nama_Kab diisi tulisan Kabupaten.

2.3 Operator Perbandingan
Operator perbandingan berfungsi untuk mebandingkan 2 nilai. Mapinfo membagi operator perbandingan seperti pada tabel berikut.
     
                                                    Tabel 2.2 Operator Perbandingan
perbandingan
2.4 Operator Logika
Operator logika berfungsi untuk menguji satu atau beberapa argumen (kondisi). Ada macam operator logika, yaitu AND, OR dan NOT.
Tabel 2.3 Operator logika
logika
2.5 Operator Geografi
Operator yang dijelaskan di atas biasanya digunakan pada data tabular. Sementara operator geografi hanya digunakan pada data grafis (objek). Macam-macam operator geografi dapat dilihat pada tabel berikut.
Tabel 2.4 Operator  Geografi
geografis
Pada operator geografi di atas,sebenarnya beberapa di antaranya mempunyai makna yang sama. Misalnya Contains Part dan Partly Within persis sama dengan Intersects. Dalam hat ini, pemakaian operator Insects lebih umum digunakan. Operator Contains dan Within berpedoman pada centroid, sedangkan Contains Entire dan Entirely Within berpatokan pada keseluruhan wilayah (area).Untuk memudahkan pemahaman kita terhadap operator geografi.
Untuk kecepatan akses, disarankan menggunakan perintah Contains dan Within dari pada Contains Entirely dan Within Entirely. Kecuali Anda ingin meyakinkan bahwa seluruh wilayah suatu objek merupakan bagian dari wilayah objek yang lain.

2.7 Urutan Operator
Perhatikan gambar berikut ini.

gambar
Gambar 1 Ilustrasi Objek Grafik yang menggambarkan Hubungan antar Objek
Semua objek dikatakan bahwa :
gambar di atas adalah area (region).
Dari gambar tersebut dapat
-          Objek A contains objek B.
-          Objek A Intersects objek B
-          Objek A tidak Intersects objek C
-          Objek B tidak Contains objek A
-          Objek B Intersects objek A
-          Objek B Intersects objek C
-          Objek C Contains objek D
-          Objek C Contains Entire objek D
-          Objek C Intersects objek D
-          Objek D tidak Contains objek C
-          Objek D Entirely Within objek C

Bila A, B, C, dan D adalah polyline (garis), operator Contains dan  Within tidak dapat digunakan, sehingga pada gambar di atas dapat dikatakan : Objek B Intersects objek A, Objek A Intersects objek B, Objek C tidak Intersects Intersects objek C. objek D, dan Objek D tidak.
Perlu juga dicatat bahwa polyline tidak dapat Contains point (titik), tetapi dapat Intersects. Demikian juga data point tidak dapat Within polyline, tetapi dapat Intersects.

2.6 Penggunaan Any, All, In, dan Between
Any All,  In dan  Between  adalah  keyword  yang disediakan  oleh  MapInfo  untuk melengkapi komponen ekspresi. Fungsi keyword tersebut disajikan pada tabel berikut.
Tabel 2.5 Contoh penggunaan Any, All, In, dan Between
any
Bila suatu ekspresi terdiri dari 2 operator atau lebih, maka MapInfo akan mengkalkulasi operator yang mempunyai prioritas atau hirarki yang tertinggi lebih dahulu, kemudian disusul dengan prioritas yang lebih dan terakhir yang mempunyai prioritas paling rendah. Tabel berikut ini menyajikan prioritas operator.
Tabel 2.6 Prioritas operator
prioritas
3.Fungsi
Fungsi adalah formula yang telah disediakan oleMapinfo. Sebuah fungsi memerlukabeberapa nilai (parameter) untuk melakukan serangkaian kalkulasi dan menghasilkan suatu nilai. Pada contoh ekspresi di atas, kita telah memperkenalkan beberapa fungsi, di antaranya 'Area(obj,"sq km")' untuk menghitung luas suatu daerah (region)Formaumudari fungsi adalah: NamaFungsi (Parameter1, Parameter2, ... ). Sebuah fungsi terdiri dari satatau beberapa parameter. Parameter dapat berupa kolom, konstanta atau ekspresi yang lain. Namun ada pula fungsi tanpa parameter. Untuk fungsi geografi MapInfo menggunakan kata "Obj" atau "Object" sebagai pengganti namkolom Fungs geografyan dimaksu adala Area CentroidX CentroidYObjectLen da Perimeter Tabe beriku in menyajika fungsi-fungs yan disediakan MapInfo.
Tabel 3.1 Macam-macam fungsi pada Mapinfo
fungsi
Berikuini disajikan tabeunit (satuan) yang digunakan dalam menghitung luas dan panjang.
Tabel 3.2 Unit (satuanluas untuk menghitunluas pada fungsi Area.
satuan unit

Tabel 3.3 Konversi Satuan
konversi satuan

Tabel 3,4 Konversi Satuan
satuan
Demikian bahasan mengenai Membuat Ekspresi di Mapinfo. Untuk tahapan mempraktekan ekspresi di atas pada Query Select akan di bahas pada postingan selanjutnya.
Semoga Bermanfaat . . .
(Sumber : http://free-gis-archive.blogspot.com )

Wassalamualaikum Wr.Wb

0 komentar:

Post a Comment