PROSES REGISTER RASTER DI MAPINFO

Leave a Comment
Assalamualaaikum Wr.Wb

Register raster merupakan tahapan paling awal untuk melakukan pekerjaan men digitasi ulang raster tersebut. Proses registrasi bertujuan untuk meberikan suatu titik ikat pada sebuah raster atau image agar memiliki suatu sistem koordinat, sehingga raster tersebut dapat diolah atau di digitasi kembali dengan menggunakan software SIG. 
Berikut ini saya akan membahas tentang proses register raster di software mapinfo.
Buka Raster yang akan di register
Peringatan Saat Memasukan Image di Mapinfo
Peringatan Saat Memasukan Image di Mapinfo
Saat pertama kali mambuka raster di mapinfo, akan muncul pilihan untuk melakukan tindakan pada raster yang di masukan, pilih Register.
Ketika masuk ke tabel untuk memberikan titik ikat pada raster, sebaiknya awali terlebih dahulu dengan memilih proyeksi yang akan digunakan.
Memilih Proyeksi
Memilih Proyeksi
Klik add dan klik tanda Plus (+) di garis temu Lintang dan Bujur yang dapat terlihat jelas berapa koordinat Lintang dan Bujur nya
Proses Register
Proses Register
Ubah koordinat LIntang dan Bujur yang berupa Degree Minute Second (DMS) Menjadi Degree Decimal dengan cara masuk ke Tab Tools dan Pilih Tools Manager, Cari dan select Autoload (Otomatis Muncul saat mapinfo di hidupkan) dan Loaded (Hanya Sementara)  pada tools Degree Converter, Ok.
Koordinat dan Posisi Titik Ikat
Koordinat dan Posisi Titik Ikat 1
Isikan Map X dengan koordinat Bujur dan Map Y dengan koordinat Lintang yang sudah di desimal kan. Berikan tanada Minus di bagian awal apabila posisi koordinat Lintang atau Bujur berada di Selata atau Barat. Lakukan hal yang sama untuk titik ikat yang lainnya, minimal jumlah titik ikat adalah 4.
Dalam contoh ini saya membuat 5 buah titik ikat. dan setelah semuannya selesai, perhatikan Error Pixel nya, semakin kecil angkanya maka tingkat kepercayaan peta tersebut semakin tinggi. Usahakan nilai yang di dapat 0 semua.
Tampialn Peta Setelah Diberi Titik Ikat
Tampialn Peta Setelah Diberi Titik Ikat
Apabila Error Pixel nya masih di atas 0, cara untuk merubahnya dengan klik Find pada label Titik Ikat yang akan di 0 kan, kemudian zoom pada bagian titik tersebut,dan geserkan agan setepat mungkin berada di tengah pertemuan garis lintang dan bujur. Catatan " Jangan pernah mencoba mengatasi error pixel tersebut dengan cara menyamakan Image X dan Image Y setiap titik ikat pada peta" karena meskipun dengan cara tersebut error pixel nya dapat menjadi 0 semua, tapi hasil dari pengikatan tersebut jadi tidak akurat, karena akan membuat setiap titik ikat bergeser dan menjauh dari garis pertemuan lintang dan bujur.
Tampilan Peta Pada Windows Map Setelah Di Register
Tampilan Peta Pada Windows Map Setelah Di Register 
Setelah selesai, klik ok, dan tampilan di map windows akan seperti gambar di atas.
Semoga Bermanfaat . . . .

Wassalamualaikum Wr.Wb

0 komentar:

Post a Comment