MEMBUAT STRIKE/DIP DI MAPINFO

2 comments
Assalamualaikum Wr.Wb

Selamat malam dan selamat menikmati artikel berikut ini :
- Strike adalah arah persebaran batuan
- Dip adalah kemiringan
Dalam bidang geologi, strike/dip merupakan hal yang tidak asing lagi, karena merupakan ilmu dasar yang harus dikuasai untuk menjadi seorang geologis, dan bagi saya selaku orang yang berkecimpung di bidang pemetaan, Strike/Dip juga sangat penting dalam pembuatan peta, terutama peta Geologi dan sejenisnya. Dengan mengetahui arah Strike/Dip kita dapat merekontruksi batuan yang terdapat strike/dip tersebut, apakan dulunya batuan disitu berbentuk Sinklin atau antiklin. 
Dan sekarang saya akan membagikan proses pembuatan strike/dip di software mapinfo. Proses pembuatannya cukup sulit bagi seorang pemula seperti saya, karena dari fitur yang disediakan pihak PITNEY BOWES, selaku vendor pembuat software mapinfo tidak menyediakan tools yang dapat membuat arah strike/dip dengan jumlah yang banyak secara bersamaan. Kita hanya bisa membuat satu persatu dan itupan belum tentu benar dalam penentuan arah nya. Untungnya ada Extension tambahan yang bisa terintegrasi langsung dengan software mapinfo, yaitu Encom Discover.
Dengan extension tersebut kita dapat menggunakan fitur structure Symbol untuk pembuatan Strike/Dip dengan mudah dan cepat serta dapat langsung membuat Strike/Dip dengan jumlah yang banyak secara bersamaan. Bila belum punya extension Encom Discover nya, bisa di download di postingan saya sebelumnya, Download Encom Discover 12 & Download Encom Discover 2013.
Tahap pertama, siapkan terlebih dahulu kolom titk koordinat, strike/dip, dan code yang berupa file excel.
Tampilan Tabel Di dalam Excel
Tampilan Tabel Di dalam Excel
Dalam tabel di atas dapa di lihat pada kolom Code semua angkan berisi 1, itu dikarenakan jika mengisi angka yang berbeda-beda kemungkinan akan terjadi kegagalan, sehingga saya anjurkan menggunkan angka 1 saja.
Buka program Mapinfo dan open tabel excel yang berisi koordinat dan juga strike/dip beserta code. Jangan lupa pada bagian Files of Type ganti dengan Microsoft Excel. Jika sudah maka akan muncul seperti gambar ini
Proses Menampilkan File Excel
Proses Menampilkan File Excel
Pada bagian Named Range pilih nama tabel excel yang barusan kita masukan, jika tidak ada maka biarkan default saja. Apabila tabel yang di masukan memiliki judul pada awal kolomnya seperti pada tabel di atas, maka select pilihan Use Row Above Selected Range for Column Titles. Jika sudah klik ok.
Mengatur Type Field
Mengatur Type Field
Pada setiap fields yang berupa angka yang akan digunakan dalam proses pembuatan Strike/dip ganti Type ya menjadi float.
Tampilan Tabel Excel Di Mapinfo
Tampilan Tabel Excel Di Mapinfo
Tampilan awal tabel excel di mapinfo kurang lebih akan seperti gambar di atas. Sebelum memulai proses pembuatan strike/dip, kita harus save copy as terlebih dahulu layer tabel excel. karena jika menggunakan layer asli hasil dari data excel yang sudah menjadi data Tab tersebut akan mengakibatkan terjadinya kegagalan dalam proses pembuatan Strike/dip di tahap selanjutnya, alasan pasti nya saya kurang tau kenapa, namun hal itu sudah saya coba berulang kali, dan hasilnya selalu gagal apabila mengunakan layer yang asli.
Proses Save Copy As
Proses Save Copy As
JIka sudah, buka layer hasil save copy as tadi dan close layer tabel yang asli, Kemudian pilih Tab Discover dan pilih Structure Symbols.
Memunculan Struktur Symbol
Memunculkan Struktur Symbol
Gambar di atas adalah untuk menentukan sumber data untuk pembuatan Strike/dip , pilih Process from Table dan pada bagian structural data Table pilih Tabel yang meiliki informasi koordinat dan arah strike.dip. Untuk membuat table copy nya, select Make a native copy of the selected table . Klik ok
Tahap berikutnya menentukan Proyeksi. Di contoh ini saya menggunakan Proyeksi UTM dengan Datum WGS84 dan Zona 50 Selatan , lihat gambar ini 
Pemilihan Proyeksi
Pemilihan Proyeksi
Perhatikan gambar  berikut ini, Pilih Specify azimuth as Strike using right hand rule, Karna di kita lebih banyak menggunakan cara seperti itu. Pada Bagian Colums For Latihan 2 isi dengan kolom yang sesuai. tentukan ukuran simbol secukupnya, jangan terlalu besar dan jangan terlalu kecil. Pastikan Pilih Dip/Plunge as Mapinfo labels. Pilih ok
Pengaturan Strike/Dip
Pengaturan Strike/Dip
Klik di kala di layer baru yang muncul dan pilih view entire layer dan pilih all layer, maka akan seperti berikut.
Tampilan Strike/Dip di Mapinfo
Tampilan Strike/Dip di Mapinfo
Sekian dulu artikelnya, jangan lupa tinggalkan komentarnya. 
Semoga Bermanfaat . . .

Wassalamualaikum Wr.Wb

2 comments:

  1. panduannya mudah dimengerti dan dipraktekan, semoga blognya makin berkembang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin gan, semoga panduanya bermanfaat (Y)

      Delete